Prokrastinasi Guru
Abstract
Prokrastinasi dalam dunia akademik yaitu jenis penundaan yang dilakukan pada jenis
tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik dengan ciri-ciri: penundaan untuk
memulai maupun menyelesaikan kerja pada tugas yang dihadapi; keterlambatan dalam
mengerjakan tugas; kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual; melakukan
aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada melakukan tugas yang harus dikerjakan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik dapat dikategorikan menjadi dua
macam yaitu faktor internal dan faktor eksternal yang meliputi dimensi prokrastinasi itu sendiri
dan dimensi persepsi yang keliru.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi prokrastinasi guru adalah dengan
melibatkan seluruh pihak terkait baik guru, sekolah, Kelompok kerja guru, maupun dinas.
Beberapa langkah yang dapat dilakukan meliputi empat tahapan, yaitu: Pemetaan Kompetensi
Guru; Pengorganisasian Kompetensi Guru; Pengembangan Kompetensi Guru; dan
Pengevaluasian Kompetensi Guru. Efisiensi terhadap upaya mengatasi masalah prokrastinasi
guru sangat tergantung dari faktor-faktor lokal yang meliputi hubungan antar manusia dan
struktur kewenangan antar institusi yang saling membutuhkan kerjasama.