Efikasi Diri Sebagai Penguatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Pada tahun 2014, Siswa Menengah Pertama di kecamatan Saptosari Gunungkidul
memperoleh rata-rata nilai Ujian Nasional pada pelajaran matematika paling rendah di antara
pelajaran-pelajaran yang lain dan paling rendah di antara kabupaten-kabupaten lainnya di
Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
efikasi diri matematika dengan prestasi belajar matematika siswa SMP di Kecamatan Saptosari
Gunungkidul. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Matematika dan Skala
Efikasi Diri Matematika. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara efikasi diri matematika dengan prestasi belajar matematika. Sumbangan
efektif variabel efikasi diri matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 4%. Hasil
wawancara dengan guru dan kepala sekolah mengungkapkan bahwa pengaruh lingkungan
seperti kurangnya dukungan orangtua dan status sosial ekonomi membuat efikasi diri siswa
rendah.