Peran Cognitive Behavior Therapy (CBT) Dalam Mengurangi Perilaku Bermasalah Siswa Sekolah Menengah Pertama
View/ Open
Date
2017-04-29Author
Nurmawati, Agustina Ganik
Christianto, Laurentius Purbo
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian mengkaji peran cognitive behavior therapy dalam mengurangi intensitas
perilaku bermasalah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Perilaku bermasalah yang
dimaksud adalah perilaku siswa yang oleh guru dikategorikan mengganggu proses belajar serta
merugikan diri sendiri dan orang lain. Responden berjumlah 5 orang siswa, pelajar sebuah SMP
Negeri di Kota Madiun. Responden adalah siswa yang oleh guru Bimbingan dan Konseling
dikategorikan sebagai siswa yang memiliki perilaku bermasalah. Hipotesis penelitian ialah bahwa
CBT secara signifikan dapat mengurangi perilaku bermasalah siswa. Penelitian menggunakan
metode one group pretest-posttest design. Data diambil dengan observasi dan wawancara. Data
kualitatif selanjutnya dikerucutkan hingga menghasilkan beberapa poin kesimpulan tentang
responden, yang kemudian dikonversi menjadi data kuantitatif. Berdasarkan uji beda paired
sample t-test, penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor
pretest dengan skor posttest (t = 3.868, p > 0.05). Data kualitatif juga menunjukkan bahwa CBT
berhasil mengurangi perilaku bermasalah siswa.