Kualitas Pelayanan Penjual Tiket Bus
View/ Open
Date
2017-04-29Author
Fadhilah, Anisa Rima
Sejati, Yudhi Mulia
Lestari, Risqa Fuji
Cahyadi, Mawas Dwi
As Syarief, M. Hafiz Chiesa
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsep kualitas pelayanan merupakan konsep penting yang menjadi ukuran
keberhasilan organisasi penyedia layanan publik maupun bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kualitas pelayanan penjual tiket bus terhadap calon pembeli dilihat dari
dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty.
Penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus ini menggunakan teknik pengumpulan data
dengan observasi partisipan dan teknik pencatatan data dengan checklist. Subyek penelitian
adalah agen penjual tiket bus berusia 35 tahun dan berjenis kelamin laki-laki di Terminal
Jombor, Yogyakarta. Observasi dilakukan 2 hari. Validitas instrumen berupa panduan observasi
menggunakan penilaian ahli dan keabsahan data menggunakan metode inter-rater. Analisis
data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan penjual tiket bus tergolong cukup. Pada dimensi keberwujudan dan kepekaan
tergolong cukup, sementara dimensi reliabilitas dan dimensi jaminan tergolong baik. Dimensi
empati muncul dalam presentase terendah, sehingga dimensi empati yang dimiliki oleh penjual
tiket bus ini masih perlu ditingkatkan.