Profil Inteligensi Pada Santri Tahfidzul Qur’an
View/ Open
Date
2017-04-29Author
Irawan, Chandra
Hertinjung, Wisnu Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Saat ini perkembangan pengajaran yang mengkhususkan menghafal qur’an atau
dikenal Tahfidzul Qur’an sudah banyak diterapkan oleh lembaga pendidikan Indonesia. Salah
satu lembaga pendidikan tersebut adalah pondok pesantren. Pondok pesantren Tahfidzul
Qur’an merupakan pondok yang mengkhususkan menghafal Al-Qur’an. Salah satu faktor
yang mempengaruhi kemampuan menghafal adalah inteligensi. Inteligensi terdiri sekumpulan
kemampuan kognitif antara lain konsentrasi, mengingat, dan memvisualisasi. Beberapa aspek
tersebut dapat dituangkan dalam bentuk profil. Memahami profil inteligensi santri Tahfidzul
Qur’an berdasarkan aspek-aspek inteligensi merupakan hal yang penting. Penelitian selain
sebagai bahan evaluasi bagi pesantren, dapat dijadikan salah satu acuan empirik keilmuan
psikologi tentang inteligensi para santri penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui profil inteligensi dan aspek-aspek inteligensi yang menonjol pada santri. Profil
inteligensi santri Tahfidzul Qur’an diungkap menggunakan IST (Intelligence Structure Test).
Subjek penelitian adalah santri Tahfidzul Qur’an PPTQ Ibnu Abbas Klaten yang berusia
minimal 16 tahun. Subjek diambil secara purposive dan diperoleh 60 orang. Data penelitian
dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil secara
umum inteligensi santri Tahfidzul Qur’an termasuk kategori sedang. Aspek inteligensi yang
sangat menonjol dengan kategori tinggi baik santri laki-laki dan perempuan terlihat pada aspek
rasa bahasa (WA) dan memori (ME), yaitu berkenaan dengan pemahaman informasi, daya ingat
dan konsentrasi. Sedangkan aspek hitungan (RA) merupakan aspek dengan kategori rendah
yang dimiliki oleh santri laki-laki maupun perempuan.