Pelatihan Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Pada Siswa Pondok Pesantren
View/ Open
Date
2017-04-29Author
Rosida, Edwina Renaganis
Lestari, Rini
Metadata
Show full item recordAbstract
Siswa Pondok Pesantren memiliki tuntutan yang berbeda dengan anak diluar pondok.
Tuntutan yang diberikan cukup beragam, mulai dari tuntutan secara akademik, kegiatan agama
di luar kelas, interaksi dengan teman/lingkungan pondok selama kurang lebih 1 tahun, pada
peraturan pondok, serta kemandirian dalam kegiatan sehari-hari. Dengan demikian siswa
memerlukan kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri agar dapat menyesuaikan diri selama
tinggal di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelatihan self
efikasi terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswa Pondok Pesantren.Subjek penelitian
ini adalah 9 siswa pondok pesantren Bahrul Ulum Kabupaten Klaten.Untuk mengetahui
apakah intervensi berhasil dalam meningkatkan penyesuaian diri pada kelompok subjek,
dilakukan pengukuran pre dan post test menggunakan skala penyesuaian diri. Bedasarkan
perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test, didapatkan skor Z : 0.008 (<
0.05, signifikan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan efikasi diri mampu
meningkatkan penyesuaian diri siswa pondok pesantren.