Show simple item record

dc.contributor.authorRosida, Edwina Renaganis
dc.contributor.authorLestari, Rini
dc.date.accessioned2017-08-21T02:09:56Z
dc.date.available2017-08-21T02:09:56Z
dc.date.issued2017-04-29
dc.identifier.citationAli, M dan Asrori, M. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara. Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.HFreeman Company. Bashori, K. 2003. Problem Psikologis Kaum Santri: Resiko Insekuritas Kelekatan. Yogyakarta : Forum Kajian Budaya dan Agama. Fatimah,E. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia. Hidayat. 2009. Perbedaan Penyesuaian DiriSantri Di Pondok PesantrenTradisional dan Modern. Skripsi(tidak diterbitkan).Surakarta :Fakultas Psikologi UMS. Nurfuad, A. 2013.Meningkatkan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Viii B Smp N 2 Juwana Tahun 2012/2013.Skripsi.Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Papalia D.E., Olds, S.W, & Feldman, R.D. 2009.Human Development (Perkembangan Manusia edisi 10 buku 2).(Penerj. Brian Marwensdy). Jakarta: Salemba Humanika. Risnawita S, R., Ghufron. M. N. (2011). Teori-Teori Psikologi.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media Sunarto & Hartono, A. 2002.Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta. Wirawan, H., Bandu, M.T. (2016). Self-Efficacy Training For International Student. International Journal of Information and Learning Technology, 33 (2) Yuniar, M., Zainal, A.,& Tri , P.A. 2005. Penyesuaian Diri Santri PutriTerhadap Kehidupan Pesantren:Studi Kualitatif pada Madrasah Takhasusiah Pondok PesantrenModern Islam Assalam Surakarta.Jurnal Psikologi Undip, 2, (1), 10-17in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-068-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9268
dc.description.abstractSiswa Pondok Pesantren memiliki tuntutan yang berbeda dengan anak diluar pondok. Tuntutan yang diberikan cukup beragam, mulai dari tuntutan secara akademik, kegiatan agama di luar kelas, interaksi dengan teman/lingkungan pondok selama kurang lebih 1 tahun, pada peraturan pondok, serta kemandirian dalam kegiatan sehari-hari. Dengan demikian siswa memerlukan kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri agar dapat menyesuaikan diri selama tinggal di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelatihan self efikasi terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswa Pondok Pesantren.Subjek penelitian ini adalah 9 siswa pondok pesantren Bahrul Ulum Kabupaten Klaten.Untuk mengetahui apakah intervensi berhasil dalam meningkatkan penyesuaian diri pada kelompok subjek, dilakukan pengukuran pre dan post test menggunakan skala penyesuaian diri. Bedasarkan perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test, didapatkan skor Z : 0.008 (< 0.05, signifikan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan efikasi diri mampu meningkatkan penyesuaian diri siswa pondok pesantren.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectpenyesuaian diriin_ID
dc.subjectpelatihan self efikasiin_ID
dc.subjectsiswa pondok pesantrenin_ID
dc.titlePelatihan Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Pada Siswa Pondok Pesantrenin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record