• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Literasi Informasi Pada Guru

    Thumbnail
    View/Open
    Filia Dina Anggaraeni.pdf (303.9Kb)
    Date
    2017-04-29
    Author
    Anggaraeni, Filia Dina
    Rola, Fasti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan proses pendidikan ditentukan kompetensi literasi para pembelajarnya. Literasi yaitu keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital dan auditori. Seiring perkembangan zaman, guru sebagai salah satu pendidik, dianggap perlu memiliki kompetensi literasi informasi. Literasi informasi yaitu kemampuan individu untuk mengetahui kapan suatu pesan dibutuhkannya serta dapat diidentifikasi, jelas waktu pemanfaatannya, serta bermanfaat untuk pemecahan masalah. Komponen literasi informasi tersebut adalah: literasi dasar mencakup kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, mendengar, memperhitungkan dan menggambarkan suatu pesan; literasi perpustakaan adalah kemampuan dalam memanfaatkan perpustakaan guna memperoleh pesan-pesan dalam proses pemecahan masalah; literasi media adalah kemampuan untuk memahami berbagai tipe perangkat saat memperoleh pesan dan tujuan serta penggunaannya; literasi teknologi adalah kemampuan dalam menggunakan berbagai jenis peralatan mutakhir dalam menghasilkan berbagai bentuk pesan secara tepat guna; literasi visual adalah berpikir kritis terhadap pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk visual atau audiovisual. Dari penelitian yang dilakukan pada 417 guru di kota Medan diperoleh gambaran bahwa 28,8 % literasi dasarnya, 21,8% untuk kompetensi literasi perpustakaan, 20,3% literasi teknologi dan 14,7% serta 14,4% masing-masing menggambarkan kompetensi literasi media dan literasi visual. Dari hasil penelitian ini, perlu diupayakan peningkatan kompetensi literasi media serta visual khususnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9271
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2017

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENDIDIKAN LITERASI MEDIA PADA GURU TK GUGUS KASUNANAN SEBAGAI UPAYA MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF TELEVISI 

      Triyono, Agus (lppmums, 2010-09)
      Television as part of the development of technology has been able to change the way human life ranging from how to speak, dress, etc. chivalry ethics. Reality is there the community is very far from what is called ...
    • Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Mahasiswa 

      Hastuti, Sri; Padmawati, Mira Yuliana; Harsono, H. (Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)
      Mahasiswa sebagai bagian anak milenial, telah menunjukkan perlaku khusus sebagaimana tuntutan zaman now. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh literasi ekonomi pada gaya hidup mahasiswa di Surakarta. ...
    • Literasi Game untuk Remaja dan Dewasa 

      Wirawanda, Yudha (Lembayung Embun Candikala, 2018)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV