Show simple item record

dc.contributor.authorAnggaraeni, Filia Dina
dc.contributor.authorRola, Fasti
dc.date.accessioned2017-08-21T02:30:17Z
dc.date.available2017-08-21T02:30:17Z
dc.date.issued2017-04-29
dc.identifier.citationAzwar, Saifuddin. (1995). Sikap manusia; teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bachtar, Mulni Ade lina; Sismita, Arifah; Purnomowati, Sri. (2009). Literasi informasi tenaga pendidik dan kependidikan pendidikan nonformal (pnf) di provinsi DKI Jakarta. Jurnal Dokumentasi, Informasi dan Perpustakaan Vol 30, No 2 halaman. 105-123. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-LIPI. Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses 1 September 2016.http:// dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/guru/2/076000 Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah . Fauziah, Nur. (2015) upaya guru dalam pengembangan literasi informasi siswa pada mata pelajaran PAI (Studi Kasus di SMPN 27 Jakarta ). Diakses tanggal 5 Oktober 2017 dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29826/1/NUR%20 FAUZIAH%20-%20FITK.pdf Ferguson, B. Information Literacy, A Primer for Teachers, Librarians, and other Informed People. Diakses 11 Agustus 2016 dari www.bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf. George,Hanna Chaterina. Wiyanti,M.l. Eko. & Widaty,Dwi Retno. (2011). Peran Tenaga Perpustakaan Sekolah Dalam Implementasi Literasi Informasi Di Indonesia: (Kajian Terhadap Tenaga Perpustakaan Sekolah Yang Telah Mengikuti Pelatihan Literasi Informasi. Pusat Pengembangan Perpustakaan Dan Pengkajian Minat Baca Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional Ri . Diakses 10 Oktober 2016 dari http : // www.perpusnas.go.id / assets / uploads / 2016 / 10 / peran_ tenaga_perpustakaan_sekolah_dalam_implementasi_literasi_informasi_di_indonesia. pdf. Ikatan Guru Indonesia (IGI). (2016). Diakses 1 November 2016 dari http://www.igi.or.id/ Kusumaningtiyas, Tiara., Jumino, Jumino., Rohmiyati, Yuli. (2014). Analisis kemampuan literasi informasi mahasiswa ilmu non pendidikan dan ilmu pendidikan di layanan referensi upt perpustakaan universitas negeri semarang menurut association of college and research libraries. Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 3, No 4 halaman. 101-110. Semarang: Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Diakses 2 Oktober 2016 dari http : // id.portalgaruda.org / ?ref = search&mod = document&select = title&q = literasi + informasi + pendidik & button = Search + Document Marwan, Agus. (2017). Membangun Gerakan Literasi. Diakses 15 April 2017 dari http://harian. analisadaily.com/opini/news/membangun-gerakan-literasi/339316/2017/04/11 Menghadapi Ujian Nasional. (2016). Diakses 1 Oktober 2016 dari http : // krjogja.com / web / news / read / 29158 / Menghadapi_Ujian_Nasional Mulyani, Emi Tri. (2015) Model literasi informasi. Diakses tanggal 3 Oktober 2016 dari Informasi http://digilib.isi-ska.ac.id/?p=639 Nurohman, Aris. (2014). Signifikansi literasi informasi (information literacy) dalam dunia pendidikan di era global. Jurnal Kependidikan Vol 2, No 1 halaman. 1-25. Purwokerto: Kelompok Kajian Pendidikan Ikatan Alumni IAIN Purwokerto. Diaksdes 3 Oktober 2016 dari http : // id.portalgaruda.org / ? ref = search&mod = document&select = title&q = literasi + informasi + pendidik&button = Search + Document Siyamitri, Puty. (September 2015). Literasi Media Internet pada Kalangan Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Medan, Jurnal Simbolik, 1(2) halaman. 116-175. Diakses 10 Oktober 2016 dari http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/download/203/151in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-068-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9271
dc.description.abstractKeberhasilan proses pendidikan ditentukan kompetensi literasi para pembelajarnya. Literasi yaitu keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital dan auditori. Seiring perkembangan zaman, guru sebagai salah satu pendidik, dianggap perlu memiliki kompetensi literasi informasi. Literasi informasi yaitu kemampuan individu untuk mengetahui kapan suatu pesan dibutuhkannya serta dapat diidentifikasi, jelas waktu pemanfaatannya, serta bermanfaat untuk pemecahan masalah. Komponen literasi informasi tersebut adalah: literasi dasar mencakup kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, mendengar, memperhitungkan dan menggambarkan suatu pesan; literasi perpustakaan adalah kemampuan dalam memanfaatkan perpustakaan guna memperoleh pesan-pesan dalam proses pemecahan masalah; literasi media adalah kemampuan untuk memahami berbagai tipe perangkat saat memperoleh pesan dan tujuan serta penggunaannya; literasi teknologi adalah kemampuan dalam menggunakan berbagai jenis peralatan mutakhir dalam menghasilkan berbagai bentuk pesan secara tepat guna; literasi visual adalah berpikir kritis terhadap pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk visual atau audiovisual. Dari penelitian yang dilakukan pada 417 guru di kota Medan diperoleh gambaran bahwa 28,8 % literasi dasarnya, 21,8% untuk kompetensi literasi perpustakaan, 20,3% literasi teknologi dan 14,7% serta 14,4% masing-masing menggambarkan kompetensi literasi media dan literasi visual. Dari hasil penelitian ini, perlu diupayakan peningkatan kompetensi literasi media serta visual khususnya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectliterasi informasiin_ID
dc.subjectliterasi dasarin_ID
dc.subjectliterasi perpustakaanin_ID
dc.subjectliterasi mediain_ID
dc.subjectliterasi teknologiin_ID
dc.subjectliterasi visualin_ID
dc.titleLiterasi Informasi Pada Guruin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record