dc.identifier.citation | Abidin, Zaenal .2004. Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Optimalisasi Kinerja Dosen dalam Pembelajaran Aktif di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Program Pascasarjana UNS. Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 215 Persepsi Dosen Studi Islam dan ... (Saifuddin Zuhri dan Zaenal Abidin) ________ 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Atkinson, Rita L., Atkinson, Richard G, 2003, Pengantar Psikologi Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga Buku Panduan Baitul Arqam Mahasiswa, 2006. Surakarta: Bidang Studi Islam dan Kemuhammadiyahan LPID-UMS Chalmers, Denise dan Richard Fuller, 1996. Teaching for Learning at University, Theory and Practice. London: Penten Ville Road. Cranton, Patricia, 1989. Planning Instruction for Adult Learners. Toronto: Wall & Emerson, Inc. Graham Gibbs and Martin Coffey, 2004. The Impact of Training of University Teachers on their Theaching Skills, their approach to teaching and the approacha ta learning of theis Students. New Delhi : The Isntitute for Learning ang Teaching in Higher Education and SAGE Publications Vol.5 (1). Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1994, Kamus Besar Bahasa Indoensia Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka. Kartono, Kartini dan Dali Gulo, 1987, Kamus Psikologi, Bandung: Pionir Jaya. Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya. Mulyasa, E, 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep Karakteristik dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Mezirow, J, and Associates. 1990. Fostering Critical Reflection in Adulthood. San Francisco: Jossey-Bass. Miles, M.B., and AM. Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverley Hills: Sage Pub. Tylor, M. 1986. Learning Form Self Direction in the Classroom Studies in Higher Education. London: Kogan Page. William J. Lammers dan John J. Murpy, 2002, A Profile Teaching Techniques usdi in the University Classroom. New Delhi : The Isntitute for Learning ang Teaching in Higher Education and SAGE Publications Vol.3 (1). | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran ditujukan untuk memfasilitasi seluas-luasnya bagi
mahasiswa agar mengembangkan didekati dengan konvensional dan pendekatan pemberdayaan aktif.
Faktor penunjang dalam pembelajaran model Baitul Arqam adalah
para mahasiswa dalam kondisi telah memiliki talenta sehingga
fasilitatornya tinggal mengembangkan dengan pendekatan acitve
learning.potensi yang dimiliki, mampu
mencapai kualifikasi dan menguasasi kompetensi. Oleh karena itu
pendidikan harus diletakkan pada empat pilar yaitu, belajar
mengetahui (learning to know), belajar mengerjakan (learning to
do), belajar hidup dalam kebersamaan (learning to live together),
dan belajar menjadi diri sendiri (learning to be). Penelitian ini meneliti
tentang pelaksanaan pembelajaran model Baitul Arqam di Pondok
HNS-UMS?. Persepsi dosen Studi Islam dan mahasiswa terhadap
model pembelajaran studi Islam model Baitul Arqam serta kendala
dan penunjang dalam pembelajaran model Baitul Arqam. Jenis
penelitian yang penulis lakukan ini berupa penelitian lapangan
dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian tersebut dihasilkan kesimpulan Pelaksanaan
BA selama 4 hari dianggap efektif dan efesien walaupun masih
dikeluhkan dari segi sarana dan prasarana. Model pembelajaran
Baitul Arqam menurut persepsi dosen/fasilitator merupakan bentuk
pembelajaran orang dewasa yang mampu mengembangkan tiga
ranah pada diri mahasiswa. Faktor kendala dalam pembelajaran
model Baitul Arqam adalah perlu mempertimbangkan materi yang | en_US |