• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Gerakan dan Bacaan Sholat untuk Siswa Tunagrahita

    Thumbnail
    View/Open
    fix prosiding SNPBS 2017 Final Akhir fix deal 23 AGUSTUS_p523-p528.pdf (100.2Kb)
    Date
    2017-05
    Author
    Anggraini, Nurian
    Salim, Abdul
    Himawanto, Dwi Aries
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sholat merupakan ibadah wajib bagi setiap umat muslim dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kewajiban mendirikan sholat juga berlaku untuk siswa berkebutuhan khusus, termasuk siswa tunagrahita. Siswa tunagrahita adalah siswa yang memiliki tingkat intelegensi dibawah rata-rata (<70), sehingga dalam proses pembelajarannya mereka membutuhkan pendekatan khusus agar materi yang dipelajari bisa dipahami dengan optimal. Mengajarkan materi sholat kepada siswa tunagrahita tidak sama seperti mengajarkan siswa normal lainnya. Materi hendaknya disajikan dengan lebih sederhana dan bisa disampaikan melalui bantuan media pembelajaran seperti multimedia interaktif, namun saat ini hal tersebut belum direaliasikan dikarenakan ketidaktersediaannya media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif materi gerakan dan bacaan sholat bagi tunagrahita dan menguji tingkat validitas produk melalui uji validasi produk, tingkat keterbacaan melalui uji coba terbatas dan tingkat kelayakan melalui uji coba luas. Penelitian dilakukan di SLB Negeri Sukoharjo dan SLB YSD Polokarto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D)dengan beberapa tahapan penelitian. Responden pada penelitian adalah ahli media, ahli materi, ahli PLB, guru agama Islam dan siswa tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap validasi produk, multimedia interaktif yang dikembangkan mendapat nilai 91.5% dikategorikan sangat baik, pada tahap uji coba produk terbatas mendapat nilai 97.5% dikategorikan sangat baik, dan pada tahap uji coba produk luas para siswa memberi nilai 100% dikategorikan sangat baik sedangkan guru memberi nilai 94.12% dikategorikan sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis macromedia flash materi gerakan dan bacaan sholat untuk siswa tunagrahita termasuk pada kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran materi sholat bagi siswa tunagrahita.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9373
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV