dc.contributor.author | Anggraini, Nurian | |
dc.contributor.author | Salim, Abdul | |
dc.contributor.author | Himawanto, Dwi Aries | |
dc.date.accessioned | 2017-11-03T02:15:04Z | |
dc.date.available | 2017-11-03T02:15:04Z | |
dc.date.issued | 2017-05 | |
dc.identifier.citation | Borg and Gall (1983). Educational Research, an Introduction. New York and London; Longman Inc. Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta; Gava Media. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta; Prestasi Pustakarya. Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta; Mediakom. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan; Research and Development. Bandung; alfabeta. Wijaya, A. (2013). Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta; Imperium. Wikipedia. (tth). Obtained on 02May 2017, fromhttps://id.wikipedia.org/wiki/Tunagra hita | in_ID |
dc.identifier.issn | 2527-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9373 | |
dc.description.abstract | Sholat merupakan ibadah wajib bagi setiap umat muslim dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah
ditetapkan. Kewajiban mendirikan sholat juga berlaku untuk siswa berkebutuhan khusus, termasuk siswa
tunagrahita. Siswa tunagrahita adalah siswa yang memiliki tingkat intelegensi dibawah rata-rata (<70), sehingga
dalam proses pembelajarannya mereka membutuhkan pendekatan khusus agar materi yang dipelajari bisa
dipahami dengan optimal. Mengajarkan materi sholat kepada siswa tunagrahita tidak sama seperti mengajarkan
siswa normal lainnya. Materi hendaknya disajikan dengan lebih sederhana dan bisa disampaikan melalui bantuan
media pembelajaran seperti multimedia interaktif, namun saat ini hal tersebut belum direaliasikan dikarenakan
ketidaktersediaannya media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif materi
gerakan dan bacaan sholat bagi tunagrahita dan menguji tingkat validitas produk melalui uji validasi produk,
tingkat keterbacaan melalui uji coba terbatas dan tingkat kelayakan melalui uji coba luas. Penelitian dilakukan di
SLB Negeri Sukoharjo dan SLB YSD Polokarto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan (R&D)dengan beberapa tahapan penelitian. Responden pada penelitian adalah ahli media, ahli
materi, ahli PLB, guru agama Islam dan siswa tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap
validasi produk, multimedia interaktif yang dikembangkan mendapat nilai 91.5% dikategorikan sangat baik, pada
tahap uji coba produk terbatas mendapat nilai 97.5% dikategorikan sangat baik, dan pada tahap uji coba produk
luas para siswa memberi nilai 100% dikategorikan sangat baik sedangkan guru memberi nilai 94.12%
dikategorikan sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif
berbasis macromedia flash materi gerakan dan bacaan sholat untuk siswa tunagrahita termasuk pada kategori
sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran materi sholat bagi siswa tunagrahita. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2 | in_ID |
dc.subject | Multimedia interaktif | in_ID |
dc.subject | macromedia flash | in_ID |
dc.subject | gerakan dan bacaan sholat | in_ID |
dc.subject | siswa tunagrahita | in_ID |
dc.title | Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Gerakan dan Bacaan Sholat untuk Siswa Tunagrahita | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |