Show simple item record

dc.contributor.authorAnggraini, Nurian
dc.contributor.authorSalim, Abdul
dc.contributor.authorHimawanto, Dwi Aries
dc.date.accessioned2017-11-03T02:15:04Z
dc.date.available2017-11-03T02:15:04Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationBorg and Gall (1983). Educational Research, an Introduction. New York and London; Longman Inc. Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta; Gava Media. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta; Prestasi Pustakarya. Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta; Mediakom. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan; Research and Development. Bandung; alfabeta. Wijaya, A. (2013). Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta; Imperium. Wikipedia. (tth). Obtained on 02May 2017, fromhttps://id.wikipedia.org/wiki/Tunagra hitain_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9373
dc.description.abstractSholat merupakan ibadah wajib bagi setiap umat muslim dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kewajiban mendirikan sholat juga berlaku untuk siswa berkebutuhan khusus, termasuk siswa tunagrahita. Siswa tunagrahita adalah siswa yang memiliki tingkat intelegensi dibawah rata-rata (<70), sehingga dalam proses pembelajarannya mereka membutuhkan pendekatan khusus agar materi yang dipelajari bisa dipahami dengan optimal. Mengajarkan materi sholat kepada siswa tunagrahita tidak sama seperti mengajarkan siswa normal lainnya. Materi hendaknya disajikan dengan lebih sederhana dan bisa disampaikan melalui bantuan media pembelajaran seperti multimedia interaktif, namun saat ini hal tersebut belum direaliasikan dikarenakan ketidaktersediaannya media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif materi gerakan dan bacaan sholat bagi tunagrahita dan menguji tingkat validitas produk melalui uji validasi produk, tingkat keterbacaan melalui uji coba terbatas dan tingkat kelayakan melalui uji coba luas. Penelitian dilakukan di SLB Negeri Sukoharjo dan SLB YSD Polokarto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D)dengan beberapa tahapan penelitian. Responden pada penelitian adalah ahli media, ahli materi, ahli PLB, guru agama Islam dan siswa tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap validasi produk, multimedia interaktif yang dikembangkan mendapat nilai 91.5% dikategorikan sangat baik, pada tahap uji coba produk terbatas mendapat nilai 97.5% dikategorikan sangat baik, dan pada tahap uji coba produk luas para siswa memberi nilai 100% dikategorikan sangat baik sedangkan guru memberi nilai 94.12% dikategorikan sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis macromedia flash materi gerakan dan bacaan sholat untuk siswa tunagrahita termasuk pada kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran materi sholat bagi siswa tunagrahita.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectMultimedia interaktifin_ID
dc.subjectmacromedia flashin_ID
dc.subjectgerakan dan bacaan sholatin_ID
dc.subjectsiswa tunagrahitain_ID
dc.titlePengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Gerakan dan Bacaan Sholat untuk Siswa Tunagrahitain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record