• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

    Thumbnail
    View/Open
    fix prosiding SNPBS 2017 Final Akhir fix deal 23 AGUSTUS_p546-p553.pdf (227.0Kb)
    Date
    2017-05
    Author
    Zatadini, Galuh Indah
    Permanasari, Adhistya Erna
    Setiawan, Noor Akhmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Cooperative Learning adalah model pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik dalam kelompok sehingga akan membuat peserta didik lebih banyak belajar dan bekerjasama dibandingkan dengan peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tradisional. Penelitian yang dilakukan ini termasuk dalam model penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran TIK dengan menggunakan metode Team Asissted Individualization (TAI). Dalam penelitian yang menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas ini memiliki 3 siklus dengan masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan langsung ketika kegiatan belajar. Data penelitia hasil belajar diambil ketika proses refleksi yaitu setelah dilakukan post test kepada seluruh peserta didik setelah proses belajar selesai. Sedangkan pengambilan data aktivitas dilakukan ketika proses pelaksanaan yaitu ketika peserta didik mengkuti kegiatan belajar mengajar. Dari hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada standart kompetensi “Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka untuk Menghasilkan Informasi” dan kompetensi dasar “Membuat Dokumen Pengolah Angka dengan Variasi Teks, Tabel, Grafik, Gambar dan Diagram”. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas peserta didik dari siklus I, II, dan III. Pada siklus I total presentase aktivitas peserta didik adalah 64.1% dengan presentase masih kurang. Kemudian dilanjutkan dalam siklus II persentase nya yaitu 78% dan siklus III total persentase nya adalah 89.7%. Selain itu pembelajaran kooperatif tipa TAI juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam ranah afektif, kognitif maupun psikomotorik. Model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternative yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran namun juga harus sesuai dengan materi maupun tipe kegiatan belajar yang akan dilakukan karena model pembelajaran ini hanya cocok untuk kompetensi/pemecaham masalahnya dapat diselesaikan secara individual maupun kelompok.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9376
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV