Show simple item record

dc.contributor.authorZatadini, Galuh Indah
dc.contributor.authorPermanasari, Adhistya Erna
dc.contributor.authorSetiawan, Noor Akhmad
dc.date.accessioned2017-11-03T02:39:02Z
dc.date.available2017-11-03T02:39:02Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citation[1] Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik  : Konsep Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007. [2] R. E. Slavin, Cooperative Learning  : Theory, Research dan Practice. Bandung: Nusa Media, 2010. [3] Isjoni, Cooperative Learning  : Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta, 2012. [4] N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012. [5] Slavin, Psikologi Pendidikan  : Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks, 2009. [6] E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi  : Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002. [7] Dimyati and Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA, 2009. [8] A. Suharsimi, Suhardjono, and Supardi, Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2010. [9] A. Majid, Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011. [10]Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan. Jawa Barat: Alfabeta, 2009. [11]M. Huda, Cooperative Learning, Metode, Teknik Struktur dan Model Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9376
dc.description.abstractCooperative Learning adalah model pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik dalam kelompok sehingga akan membuat peserta didik lebih banyak belajar dan bekerjasama dibandingkan dengan peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tradisional. Penelitian yang dilakukan ini termasuk dalam model penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran TIK dengan menggunakan metode Team Asissted Individualization (TAI). Dalam penelitian yang menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas ini memiliki 3 siklus dengan masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan langsung ketika kegiatan belajar. Data penelitia hasil belajar diambil ketika proses refleksi yaitu setelah dilakukan post test kepada seluruh peserta didik setelah proses belajar selesai. Sedangkan pengambilan data aktivitas dilakukan ketika proses pelaksanaan yaitu ketika peserta didik mengkuti kegiatan belajar mengajar. Dari hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada standart kompetensi “Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka untuk Menghasilkan Informasi” dan kompetensi dasar “Membuat Dokumen Pengolah Angka dengan Variasi Teks, Tabel, Grafik, Gambar dan Diagram”. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas peserta didik dari siklus I, II, dan III. Pada siklus I total presentase aktivitas peserta didik adalah 64.1% dengan presentase masih kurang. Kemudian dilanjutkan dalam siklus II persentase nya yaitu 78% dan siklus III total persentase nya adalah 89.7%. Selain itu pembelajaran kooperatif tipa TAI juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam ranah afektif, kognitif maupun psikomotorik. Model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternative yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran namun juga harus sesuai dengan materi maupun tipe kegiatan belajar yang akan dilakukan karena model pembelajaran ini hanya cocok untuk kompetensi/pemecaham masalahnya dapat diselesaikan secara individual maupun kelompok.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectCooperative Learningin_ID
dc.subjectTeam Asissted Individualizationin_ID
dc.subjectaktivitas belajarin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.titleMeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAIin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record