• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SAINS TRANSENDENTAL: MODEL PENANAMAN NILAI RUBUBIYYAH SISWA DALAM KONSEP CAHAYA

    Thumbnail
    View/Open
    fix prosiding SNPBS 2017 Final Akhir fix deal 23 AGUSTUS_p618-p642.pdf (402.0Kb)
    Date
    2017-05-20
    Author
    Supriatna, Ajat
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan hasil survey terhadap 190 siswa di Madrasah Tsanawiyah, bahwa tingkat perkembangan religiusitas siswa menempati peringkat terendah dengan nilai 2,932 pada skala 1-5. Sementara tujuan pendidikan nasional, menjadikan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia. Kurikulum madrasah, menyatakan bahwa salah satu tujuan pengajarannya adalah menyadari akan kebesaran dan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Kesenjangan antara temuan lapangan dan tujuan kurikulum pembelajaran sains ini akibat disintegrasi (disunity) pendidikan nilai dari pembelajaran sains. Untuk mengurangi kesenjangan tersebut, pendidikan nilai sebagai inti dari pendidikan umum, maka penelitian ini bertujuan menghasilkan satu produk dari strategi pendidikan nilai untuk menanamkan nilai-nilai rububiyah siswa pada pembelajaran sains di pendidikan menengah (studi di MTs dan SMP). Dengan alasan ini maka dipilih penelitian pengembangan, dilaksanakan secara berurutan pertama, studi pendahuluan yang ditujukan untuk melihat kondisi awal pelaksanaan pendidikan nilai pada pembelajaran sains yang sedang berjalan. Proses tahapan ini merupakan kolaborasi antara ahli dan praktisi pendidikan dipadukan dari hasil pemetaan studi pendahuluan yang dikaji secara teoretis sehingga menghasilkan rumusan-rumusan berupa rancangan produk model pengembangan strategi pendidikan nilai. Kedua, pengembangan strategi pendidikan nilai, dengan tahapan dari discoveringobservasi faktual indrawi, receiving-abstraksi-rasional, meaning-transendensi konseptual, integrating-internalisasi nilai. Efektifitas strategi penanaman nilai-nilai rububiyah siswa pada pembelajaran sains ini diukur menggunakan skala sikap sehingga tergambarkan signifikansi atau tingkat keterpentingan adanya nilai-nilai rububiyah pada sains bagi siswa. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji beda diketahui bahwa secara signifikan perolehan hasil penanaman nilai-nilai rububiyah siswa lebih besar dicapai oleh kelompok eksperimen daripada oleh kelompok kontrol.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9386
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV