• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBUATAN DISPLAY PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI PADA SISWA SMPIT AL HARAKI

    Thumbnail
    View/Open
    fix prosiding SNPBS 2017 Final Akhir fix deal 23 AGUSTUS_p716-p720.pdf (95.14Kb)
    Date
    2017-05
    Author
    Maidona, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang telah dianggap belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Pada kurikulum 2013 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 103 tahun 2014 pasal 2 disebutkan bahwa pembelajaran tingkat dasar dan menengah dilaksanakan berbasis aktivitas dengan karakteristik antara lain interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Selainitu kontekstual, memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian peserta didiksertasesuai dengan minat, bakat, kemampuan, dan perkembangan psikologis peserta didik.Maka diperlukan suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik tersebut.Tujuanpembuatannaskahinovasipembelajaranini adalah untuk mencari strategi dalam pembelajaran IPA dengan materi fotosintesis agar peserta didik lebih mengerti dan memahami materi yang dipelajari. Selainitujuga memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah praktis dan pengembangan keprofesionalan pendidik sebagai agen pembelajaran. Group Investigation adalah model metode pembelajaran kooperatif yang paling kompleks. Hal ini disebabkan oleh metode ini memadukan beberapa landasan pemikiran, yaitu berdasarkan pandangan konstruktivistik, democratic teaching, dan kelompok belajar kooperatif.Berdasarkan pandangan konstruktivistik, proses pembelajaran dengan model group investigation memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran mulai dari perencanaan sampai cara mempelajari suatu topik melalui investigasi. Democratic teaching adalah proses pembelajaran yang dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi, yaitu penghargaan terhadap kemampuan, menjunjung keadilan, menerapkan persamaan kesempatan, dan memperhatikan keberagaman peserta didik . Group investigation adalah kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalam keterlibatan belajar. Metode ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok (group process skills). Hasil akhir dari kelompok adalah sumbangan ide dari tiap anggota serta pembelajaran kelompok yang notabene lebih mengasah kemampuan intelektual siswa dibandingkan belajar secara individual yang kemudiandituangkandalambentuk display pembelajaranyang dibuatdaribahan-bahandaurulang yang mudahdidapat di sekitarkita.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9396
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV