Karakteristik Kecepatan Operasi Kendaraan dan Evaluasi Konsistensi Desain Geometrik pada Tikungan dengan Kombinasi Alinyemen Horizontal dan Alinyemen Vertikal
View/ Open
Date
2017-12-13Author
Mukti, Elsa Tri
Sjafruddin, Ade
Kusumawati, Aine
Wibowo, Sony Sulaksono
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik kecepatan operasi kendaraan dan evaluasi konsistensi desain geometrik pada tikungan jalan yang memiliki kombinasi alinyemen horizontal dan vertikal pada ruas jalan antar kota. Jenis kendaraan yang diamati adalah kendaraan ringan/mobil penumpang dan kendaraan berat,, dan ruas jalan antar kota yang dijadikan lokasi penelitian adalah ruas jalan Pontianak-Tayan, provinsi Kalimantan Barat.Pengamatan kecepatan kendaraan ini dilakukan pada lokasi jalan yang memiliki kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cembung, serta kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cekung. Pada setiap lokasi penelitian dilakukan 3 (tiga) titik pengamatan, yaitu pada titik awal, pertengahan dan akhir tikungan. Dalam perhitungan analisa data kecepatan kendaraan digunakan metode kecepatan 85 persentil. Berdasarkan perhitungan dengan metode kecepatan 85 persentil diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan karakteristik kecepatan 85 persentil kendaraan antara lokasi kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cembung, dengan lokasi kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cekung. Dari hasil analisis konsistensi desain geometrik diperoleh hasil bahwa pada kendaraan ringan terdapat 23 lokasi dengan kriteria poor, 22 lokasi dengan kriteria fair, dan 1 lokasi dengan kriteria good, sedangkan pada kendaraan berat terdapat 27 lokasi dengan kriteria good, 18 lokasi dengan kriteria fair dan, 1 lokasi dengan kriteria bad.