dc.contributor.author | Mukti, Elsa Tri | |
dc.contributor.author | Sjafruddin, Ade | |
dc.contributor.author | Kusumawati, Aine | |
dc.contributor.author | Wibowo, Sony Sulaksono | |
dc.date.accessioned | 2017-12-30T03:00:44Z | |
dc.date.available | 2017-12-30T03:00:44Z | |
dc.date.issued | 2017-12-13 | |
dc.identifier.citation | Direktorat Jenderal Bina Marga. (2012), Pengantar Rekayasa Keselamatan Jalan, Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta Ivan, J.N., Garrick, N.W., dan Hanson, G. (2009), Designing Roads That Guide Drivers To Choose Safer Speeds, Technical Report JHR 09-321, University of Connecticut, Connecticut Department of Transportation Nicholson, A. (1998). “Superelevation, Side Friction, And Roadway Consistency”, Journal of Transportation Engineering, 124(5), 411-418 Krammes, R. A., dan Glascock, S. W. (1992), Geometric Inconsistencies and Accident Experience on Two-Lane Rural Highways, Transportation Research Record 1356, Transportation Research Board, Washington D. C | in_ID |
dc.identifier.issn | 1412-9612 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9521 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik kecepatan operasi kendaraan dan evaluasi konsistensi desain geometrik pada tikungan jalan yang memiliki kombinasi alinyemen horizontal dan vertikal pada ruas jalan antar kota. Jenis kendaraan yang diamati adalah kendaraan ringan/mobil penumpang dan kendaraan berat,, dan ruas jalan antar kota yang dijadikan lokasi penelitian adalah ruas jalan Pontianak-Tayan, provinsi Kalimantan Barat.Pengamatan kecepatan kendaraan ini dilakukan pada lokasi jalan yang memiliki kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cembung, serta kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cekung. Pada setiap lokasi penelitian dilakukan 3 (tiga) titik pengamatan, yaitu pada titik awal, pertengahan dan akhir tikungan. Dalam perhitungan analisa data kecepatan kendaraan digunakan metode kecepatan 85 persentil. Berdasarkan perhitungan dengan metode kecepatan 85 persentil diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan karakteristik kecepatan 85 persentil kendaraan antara lokasi kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cembung, dengan lokasi kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cekung. Dari hasil analisis konsistensi desain geometrik diperoleh hasil bahwa pada kendaraan ringan terdapat 23 lokasi dengan kriteria poor, 22 lokasi dengan kriteria fair, dan 1 lokasi dengan kriteria good, sedangkan pada kendaraan berat terdapat 27 lokasi dengan kriteria good, 18 lokasi dengan kriteria fair dan, 1 lokasi dengan kriteria bad. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Buku Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi dan Perancangan Industri (RAPI) XVI Tahun 2017 | in_ID |
dc.subject | evaluasi konsistensi desain | in_ID |
dc.subject | karakteristik kecepatan operasi | in_ID |
dc.subject | kombinasi alinyemen horizontal dan vertikal | in_ID |
dc.title | Karakteristik Kecepatan Operasi Kendaraan dan Evaluasi Konsistensi Desain Geometrik pada Tikungan dengan Kombinasi Alinyemen Horizontal dan Alinyemen Vertikal | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |