dc.identifier.citation | Abdul Jamal Hadi. 2011. Menuntun Buah Hati Manuju Surga. Solo: ERA Adicitra Intermedia. Albana Muhammad. 2007. Selamat Anak Anda Luar Biasa. Solo. Iltizam Andrew Schiller. 1971. Teach Children To Read Their Fadher Tonque , Coordinating Reading Instruction, Scoot Foresman and Company. Ardy Wiyani Novian. 2014. Psikologi perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: GAVA MADIA Brown, S. 1990. Activities Fpr Teaching Using the Whole Language Approach, USA: Charles thomas Publisher. Depag. 1990. Al-Qur”an Dan Terjemahnya, Jakarta: Depag R.I Departemen agama RI. 1995. Metode-metode Membaca Al-Qur’an di Sekolah Umum, Jakarta: Direktorat jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Djunaedi, A. 1987. Pengembangan Materi Bahasa Inggris berdasarkan Pendekatan Kontrastif(Teori dan Terpan), Jakarta: Depdikbud.i), Jakarta : PT. Gramedia. Eliason, C. Dan Jenkins, L. 1994. Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New York: Merril Print of Mac Millan College. Hamalik, O. 1982. Mengajar-asas-teknik, Bandung: Pustaka Martiana. Tesis pada FPS IKIP Bandung. Harun, S. 1995. Bahasa Arab Modul 1-9, Program Penyetaraan D-II, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Hornby A S. 1974. Oxpord Advenced Learner’s Divtionary Of cerrent English, London: Oxford University press. Munawar, K. 1985. Al-Qur”an Dari Masa Ke Masa, Solo: Ramadhani. Mustopa. 1987. Dasar-dasar Islam, Bandung: Angkasa. Rahman Hibana S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta. Grafindo Litera Media. Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sofie, Madjid, Abdul. 2007. Belajar Mudah Membaca Al-Qur’an,(Bimbingan Belajar dari “Nol”Sampai Tamat Al-Qur’an, Metode BBQ-99. Bandung : Elfath. Syauki Achmad. 2000. Lintasan Sejarah Al-Qur’an, Jakarta: CV. Cakra Media. Solehuddin. 2000. Konsep DasarPendidikan Prasekolah, Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Suyanto,S. 2005. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta:Departemen pendidikan Nasional. Semiawan, C.R. 2002. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar, Jakarta: Indek Tarigan, H.G. 1983. Membaca Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.. Tafsir, A. 1990. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya. Tamam M.B. 2008. Sukses Islam Mendidik Anak, Bintang Kecil. Takdir Muhammad Ilahi. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. | in_ID |
dc.description.abstract | Abad modern yang di tandai dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dan
semakin canggih menuntut dukungan budaya semakin berkembang pula, begitu juga dengan
budaya membaca tidak kalah penting dengan budaya–budaya lainya. Budaya baca harus menjadi
kebutuhan, kegemaran dan kebiasaan. Untuk menyikapi tuntutan–tuntutan tersebut melahirkan
polemik internal yang membolehkan mengajarkan membaca bagi anak usia dini dan yang tidak
membolehkan karena hawatir menjadi tekanan atau pemaksaan bagi anak.Begitu juga dengan
membaca huruf Alquran tak kalah pentingnya denga membaca huruf abjad, mendahulukan
mengajarkan huruf Al-Qur’an lebih utama dari pada huruf lainnya. Penulisan artikel ini bertujuan
membuka wawasan bagi para orang tua/pendidik untuk memahami mengajarkan/membiasakan
mengajarkan membaca Al-Quran kepada anak usia dini itu sangat penting dengan metode yang
tidak bertentagan dengan karakteristik dan perkembangan anak usia dini.Dilapangan sudah
banyak metode-metode membaca yang menarik bagi anak, dengan demikian ini tugas para
pendidik baik orang tua maupun guru untuk memilih atau menciptakan metode yang tepat bagi
anak usia dini, tentunya yang tidak membebani.Jadi Pada dasarnya mengajarkan membaca bagi
anak usia dini terutama membaca Al-Qur’an itu boleh-boleh saja asalkan dengan metode yang sesuai dengan perkembangannya dimana anak diperkenalkan dengan berbagai hurup yang
menarik sehingga menimbulkan rasa penasaran dan keingin tahuan.Dengan demikiann
menanamkan kemampuan membaca itu penting, karena membaca bagian dari perkembangan
bahasa bagi anak usia dini. | in_ID |