• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Program Pembelajaran yang Berkemajuan dan Menggembirakan

    Thumbnail
    View/Open
    70.pdf (954.8Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Martaningsih, Sri Tutur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan berkemajuan secara eksternal dapat dimaknai dengan pendidikan yangmengarah pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan yang maju, pendidikan yang selalu update informasi dan ilmu pengetahuan yang diajarkan. Kondisi tersebut seringkali mengesampingkan efektivitas pendidikan secara internal yakni keberhasilan belajar. Dominasi penilaian kemampuan kognitif dalam berbagai segi kehidupan, dan kurang mampu mengembangkan karakter kepribadian. Pembelajaran harus dimaknai sebagai pengkondisian lingkungan agar proses perubahan perilaku ke arah yang lebih baik, lebih maju, positif, fungsional, permanen dan berkelanjutan, dapat terjadi secara optimal. Pengembangan program pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan berbagai aspek dari si belajar. Masing-masing pendidik tentu telah memiliki karakter atau seni dalam melaksanakan pembelajaran, namun kesan monoton, konvensional, out of date seringkali masih menjadi label pembelajaran yang dilaksanakan. Di sisi lain, ada anggapan jika pembelajaran dikemas dalam bentuk active learning yang menggembirakan dikhawatirkan akan mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai.Tulisan ini diharapkan dapat menjadi bekal wawasan guru maupun dosen dalam merancang program pembelajaran berkemajuan dengan benar-benar mengefektifkan proses pembelajaran. Yang juga menggembirakan, utamanya pada jenjang sekolah dasar. Ragam aspek yang perlu diperhatikan, serta modal untuk mampu melakukan inovasi sehingga menciptakan suasana menggembirakan namun tetap efektif mencapai tujuan. Tujuan pembelajaran harus menjadi acuan agar proses yang dilaksanakan efektif. Perumusan indikator terukur yang digunakan dalam penilaian otentik, selayaknya juga menjadi pertimbangan dalam memanfaatkan peluang pengembangan pembelajaran menggembirakan. Begitupun perubahan kurikulum dari waktu ke waktu selayaknya dilihat sebagai peluang pengembangan program pembelajaran. Pelaku pendidikan dituntut untuk memahami dengan lebih baiksehingga makin menggembirakan, namun efektif mencapai tujuan pembelajaran (berkemajuan).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9564
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV