• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Asesmen Literasi Sains Berbasis Konteks Bagi Siswa Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.407Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Windyariani, Sistiana
    Setiono, Setiono
    Sutisnawati, Astri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen literasi sains berbasis konteks di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini merupakan penelitian R & D (Penelitian dan Pengembangan) yang meliputi tiga tahap penelitian yaitu: 1) Studi Pendahuluan, 2) Pengembangan instrumen, dan 3) Uji coba instrumen.Studi pendahuluan dilakukan dengan studi kurikulum IPA di SD dan survey lapangan terhadap guru-guru kelas 4 dan 5 SD di kota sukabumi. Pengembangan model asesmen literasi sains dilakukan dengan menggunakan kerangka PISA (Program for International Student Asessment) yang selanjutnya divalidasi oleh expert judgement kemudian selanjutnya melalui serangkaian uji coba terbatas dan uji coba lebih luas asesmen di 3 Sekolah di Kota Sukabumi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, telah dihasilkan 4 asesmen literasi sains dengan konteks aplikasi sains yang diangkat dari kehidupan sehari-hari, yakni: a) Kemanakah Perginya Capung?, b) Mengapa Hewan Berbeda dari Tumbuhan, c) Mengapa Hujan Turun?, dan e) Mengapa gigi kita bisa sakit?. Diperoleh juga hasil penelitian berdasarkan wawancara pada guru yakni, diperoleh respon yang cukup baik terhadap model asesmen dan guru memiliki minat yang cukup tinggi dalam menerapkan model asesmen literasi sains yang dikembangkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9565
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV