Show simple item record

dc.contributor.authorWindyariani, Sistiana
dc.contributor.authorSetiono, Setiono
dc.contributor.authorSutisnawati, Astri
dc.date.accessioned2018-02-02T01:17:45Z
dc.date.available2018-02-02T01:17:45Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9565
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen literasi sains berbasis konteks di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini merupakan penelitian R & D (Penelitian dan Pengembangan) yang meliputi tiga tahap penelitian yaitu: 1) Studi Pendahuluan, 2) Pengembangan instrumen, dan 3) Uji coba instrumen.Studi pendahuluan dilakukan dengan studi kurikulum IPA di SD dan survey lapangan terhadap guru-guru kelas 4 dan 5 SD di kota sukabumi. Pengembangan model asesmen literasi sains dilakukan dengan menggunakan kerangka PISA (Program for International Student Asessment) yang selanjutnya divalidasi oleh expert judgement kemudian selanjutnya melalui serangkaian uji coba terbatas dan uji coba lebih luas asesmen di 3 Sekolah di Kota Sukabumi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, telah dihasilkan 4 asesmen literasi sains dengan konteks aplikasi sains yang diangkat dari kehidupan sehari-hari, yakni: a) Kemanakah Perginya Capung?, b) Mengapa Hewan Berbeda dari Tumbuhan, c) Mengapa Hujan Turun?, dan e) Mengapa gigi kita bisa sakit?. Diperoleh juga hasil penelitian berdasarkan wawancara pada guru yakni, diperoleh respon yang cukup baik terhadap model asesmen dan guru memiliki minat yang cukup tinggi dalam menerapkan model asesmen literasi sains yang dikembangkan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2in_ID
dc.titlePengembangan Model Asesmen Literasi Sains Berbasis Konteks Bagi Siswa Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record