• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Berkreasi Dengan Digital Storytelling Sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.488Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Yuliana, Irma
    Wantoro, Jan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Vlog atau video blog adalah salah satu konten kreatif digital yang segar,bercerita tentang apapun yang kadang luput dari perhatian sehingga cukup popular terutama di media sosial seperti Youtube. Sebanyak 60,5 % publik yang terjangkau layanan dan infrastruktur meminati konten video yang diunggah secara personal tersebut. Beberapa vlogger, sengaja menggunakannya untuk tujuan tertentu mulai dari sekedar menghibur, penawar konten negatif, hingga membongkar sakralitas. Vlog menjadi penanda citra generasi masa kini. Konten kreatif digital dalam bentuk video ini sangat menarik sebagai sarana pembelajaran yang dapat menjembatani ruang kelas dan komunitas di dunia nyata. Dalam bahasan selanjutnya penyampaian konten kreatif digital dengan tujuan dan langkah sistematis disebut dengan Digital Storytelling. Digital Storytelling (DST), bukan hanya memindahkan seni mendongeng ke dalam format multimedia yang berisi gambar, teks suara (narasi dan music) serta video dengan menggunakan program aplikasi komputer. DST memiliki beberapa elemen,dan tahapan dengan tujuan edukasi merupakan suatu strategi membangkitkan minat, dan semangat belajar sebagai proses lifelong learning education. DST disusun agar memiliki kesan yang mendalam dengan melibatkan faktor emosional sehingga meningkatkan daya ingat siswa, Penerapannya pada kegiatan belajar mengajar di prodi Pendidikan Teknik informatika FKIP UMS (domain scope materi IPA setingkat SMP) memberi kesempatan kepada siswa untuk menerapkan keterampilan abad ke-21. Pada akhir presentasi penyajian selain menunjukkan hasil karya, juga dibahas mengenai log activity tiap anggota kelompok dan dokumentasi lain sebagai proses penilaian. Kendala yang seringkali muncul adalah pada penggunaan tools aplikasi komputer yang sebenarnya teknis dan tidak terlalu berpengaruh. Seseorang yang terampil menerapkan tahapan dalam pembuatan media pembelajaran dalam bentuk DST, diharapkan mampu membuat konten kreatif yang berkualitas.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9573
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV