• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Persepsi Mahasiswa PPKN Tentang Komitmen Kejujuran Pada Ujian Tengah Semester Sebagai Penguat Nilai Karakter

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.133Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Cahyono, Hadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dan persepsi mahasiswa terhadap upaya yang dilakukan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam menanamkan nilai kejujuran dan persepsi mahasiswa PPKn dalam menyambut komitmen kejujuran dalam rangka Ujian Tengah Semester. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kajian dipusatkan pada analisis deskripstif tentang upaya dan persepsi mahasiswa PPKn dalam menyambut komitmen kejujuran dalam rangka ujian tengah semester. Responden yang dipilih yaitu mahasiswa PPKn semester III. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi dan dokumentasi sementara yang diperoleh peneliti ialah mahasiswa telah melaksanakan Ujian Tengah Semester dengan dilandasi komitmen kejujuran. Pelaksanaan ujian berbeda dari ujian yang biasanya yaitu pertama, adanya sosialisasi komitmen kejujuran berupa banner di masing-masing kelas sebagai upaya penguatan karakter kejujuran yang diharapkan. Kedua, sebelum ujian dimulai, dibacakan teks komitmen kejujuran oleh salah satu peserta ujian dan ditirukan oleh peserta yang lain dengan harapan komitmen kejujuran betul-betul melekat pada diri mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa menyambut baik komitmen kejujuran karena mereka beranggapan dengan adanya pelaksanaan komitmen kejujuran, maka bisa meminimalkan adanya kecurangan dalam ujian. Selain itu mereka juga mengemukakan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dan tenang dalam mengerjakan ujian. Simpulan penelitian ini, yaitu komitmen kejujuran yang diterapkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dapat menimbulkan dampak positif dan memperkuat nilai karakter kejujuran mahasiswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9577
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV