Persepsi Mahasiswa PPKN Tentang Komitmen Kejujuran Pada Ujian Tengah Semester Sebagai Penguat Nilai Karakter
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dan persepsi mahasiswa terhadap upaya yang dilakukan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam menanamkan nilai
kejujuran dan persepsi mahasiswa PPKn dalam menyambut komitmen kejujuran dalam rangka Ujian Tengah
Semester. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kajian dipusatkan pada analisis
deskripstif tentang upaya dan persepsi mahasiswa PPKn dalam menyambut komitmen kejujuran dalam rangka
ujian tengah semester. Responden yang dipilih yaitu mahasiswa PPKn semester III. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi dan dokumentasi sementara yang
diperoleh peneliti ialah mahasiswa telah melaksanakan Ujian Tengah Semester dengan dilandasi komitmen
kejujuran. Pelaksanaan ujian berbeda dari ujian yang biasanya yaitu pertama, adanya sosialisasi komitmen
kejujuran berupa banner di masing-masing kelas sebagai upaya penguatan karakter kejujuran yang diharapkan.
Kedua, sebelum ujian dimulai, dibacakan teks komitmen kejujuran oleh salah satu peserta ujian dan ditirukan
oleh peserta yang lain dengan harapan komitmen kejujuran betul-betul melekat pada diri mahasiswa.
Selanjutnya, mahasiswa menyambut baik komitmen kejujuran karena mereka beranggapan dengan adanya
pelaksanaan komitmen kejujuran, maka bisa meminimalkan adanya kecurangan dalam ujian. Selain itu mereka
juga mengemukakan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dan tenang dalam mengerjakan ujian. Simpulan
penelitian ini, yaitu komitmen kejujuran yang diterapkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Ponorogo dapat menimbulkan dampak positif dan memperkuat nilai karakter kejujuran
mahasiswa.