dc.identifier.citation | Admin. 2011. Manifestasi Krisis Karakter di Indonesia. Retrieved from http://www.sekolahdasar.net/2011/05/manifestasi-krisis-karakter-di.html. Cahyono, H. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Cinta Tanah air Mahasiswa PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tahun 2016, 1–27. Cahyono, H. 2016. The Values of Character Building in Gajah-gajahan. Erdianto, K. 2016. Survei CSIS: Publik Nilai Kepolisian Rentan Praktik Korupsi. Retrieved from http://nasional.kompas.com/read/2016/07/27/06470911 /survei.csis.publik.nilai.kepolisian.rentan.praktik.korupsi Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbais Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publising Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Murdiono, M. 2016. Pendidikan Anti Korupsi Terintegrasi dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kejujuran di SMP, 15(1), 1–12. Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Sukidjo, Ali Muhson, & M. 2016. Koperasi Sekolah Sebagai Wadah Pengembangan Karakter Siswa, 12. Umi Sholehah/Kabid. PSDM, M. P. A. I. F. U. 2016. Pendidikan yang berkarakter akan menciptakan banyak intelektual terpelajar, bukan intelektual yang kurang ajar. Retrieved from http://www.pilardemokrasi.com/keilmuan/krisis-karakter-merupakan-refleksi-krisispendidikan/. Zuchdi, F. Y. dan D. 2016. The Character Education Values in the Folklore of Pasemah Tribe. Jurnal Pendidikan Karakter, 48–58. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dan persepsi mahasiswa terhadap upaya yang dilakukan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam menanamkan nilai
kejujuran dan persepsi mahasiswa PPKn dalam menyambut komitmen kejujuran dalam rangka Ujian Tengah
Semester. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kajian dipusatkan pada analisis
deskripstif tentang upaya dan persepsi mahasiswa PPKn dalam menyambut komitmen kejujuran dalam rangka
ujian tengah semester. Responden yang dipilih yaitu mahasiswa PPKn semester III. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi dan dokumentasi sementara yang
diperoleh peneliti ialah mahasiswa telah melaksanakan Ujian Tengah Semester dengan dilandasi komitmen
kejujuran. Pelaksanaan ujian berbeda dari ujian yang biasanya yaitu pertama, adanya sosialisasi komitmen
kejujuran berupa banner di masing-masing kelas sebagai upaya penguatan karakter kejujuran yang diharapkan.
Kedua, sebelum ujian dimulai, dibacakan teks komitmen kejujuran oleh salah satu peserta ujian dan ditirukan
oleh peserta yang lain dengan harapan komitmen kejujuran betul-betul melekat pada diri mahasiswa.
Selanjutnya, mahasiswa menyambut baik komitmen kejujuran karena mereka beranggapan dengan adanya
pelaksanaan komitmen kejujuran, maka bisa meminimalkan adanya kecurangan dalam ujian. Selain itu mereka
juga mengemukakan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dan tenang dalam mengerjakan ujian. Simpulan
penelitian ini, yaitu komitmen kejujuran yang diterapkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Ponorogo dapat menimbulkan dampak positif dan memperkuat nilai karakter kejujuran
mahasiswa. | in_ID |