• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses di PDM Bantul Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.045Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Kusumaningtyas, Dian Artha
    Fitri, Fajar
    Suwondo, Nanang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan proses dalam pembelajaran harus ditumbuhkan dalam diri siswa sesuai dengan taraf perkembangan pemikirannya. Keterampilan ini akan menjadi roda penggerak penemuan dan pengembangan fakta dan konsep sikap, wawasan, dan nilai siswa. Namun, pada saat ini masih banyak guru IPA SMP Muhammadiyah terutama di lingkungan kabupaten Bantul belum melaksanakan pembelajaran keterampilan proses dan belum mengembangankan instrumen evaluasinya. Dengan demikian perlu dilakukan pelatihan pengembangan instrument evaluasi pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses. Pelatihan berhasil dilaksanakan pada tanggal 17-18 Mei 2017 di gedung PDM Bantul dengan jumlah peserta 12 guru IPA SMP Muhammadiyah. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan materi: Pembelajaran IPA Berbasis Keterempilan Proses Menggunakan Arduino sebagai Media Pembelajaran dan Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses. Berdasarkan pelatihan ini, maka guru-guru memahami bagaimana pembelajaran keterampilan proses dalam IPA dan memahami bagaimana mengembangkan instrumen evaluasinya. Berdasarkan hal ini maka diperoleh simpulan bahwa berdasarakan pelatihan yang telah diselenggarakan, maka sebagian besar guru IPA SMP Muhammadiyah di kabupaten Bantul memahami tentang instrumen evaluasi pembelajaran berbasis keterampilan proses dan mampu mengembangkannya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9581
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV