dc.contributor.author | Kusumaningtyas, Dian Artha | |
dc.contributor.author | Fitri, Fajar | |
dc.contributor.author | Suwondo, Nanang | |
dc.date.accessioned | 2018-02-03T04:48:18Z | |
dc.date.available | 2018-02-03T04:48:18Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Depdiknas, 2006. Model Pembelajaran Terpadu IPA SMP/MTs. SMP LB. Pusat Kurikulum Balitbang Diknas. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Firman, H. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI MilyaSari. 2012. Hakekat Pendidikan sains/IPA. https://kajianipa.wordpress.com /2012/03/28/hakekat-pendidikan-sians/. Diakses tanggal 23 Februari 2017. Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, untuk IPA SD/MI dan SMP/MTs. Rustaman, N.Y., dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9581 | |
dc.description.abstract | Keterampilan proses dalam pembelajaran harus ditumbuhkan dalam diri siswa sesuai dengan taraf
perkembangan pemikirannya. Keterampilan ini akan menjadi roda penggerak penemuan dan pengembangan
fakta dan konsep sikap, wawasan, dan nilai siswa. Namun, pada saat ini masih banyak guru IPA SMP
Muhammadiyah terutama di lingkungan kabupaten Bantul belum melaksanakan pembelajaran keterampilan
proses dan belum mengembangankan instrumen evaluasinya. Dengan demikian perlu dilakukan pelatihan
pengembangan instrument evaluasi pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses. Pelatihan berhasil
dilaksanakan pada tanggal 17-18 Mei 2017 di gedung PDM Bantul dengan jumlah peserta 12 guru IPA SMP
Muhammadiyah. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan materi: Pembelajaran IPA Berbasis
Keterempilan Proses Menggunakan Arduino sebagai Media Pembelajaran dan Pengembangan Instrumen
Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses. Berdasarkan pelatihan ini, maka guru-guru
memahami bagaimana pembelajaran keterampilan proses dalam IPA dan memahami bagaimana
mengembangkan instrumen evaluasinya. Berdasarkan hal ini maka diperoleh simpulan bahwa berdasarakan
pelatihan yang telah diselenggarakan, maka sebagian besar guru IPA SMP Muhammadiyah di kabupaten Bantul
memahami tentang instrumen evaluasi pembelajaran berbasis keterampilan proses dan mampu
mengembangkannya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses di PDM Bantul Yogyakarta | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |