Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Permasalahan Realistik Pada Mata Kuliah Probabilitas
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kategori kesalahan
dan faktor penyebab kesalahan mahasiswa dalam memecahkan permasalahan realistik pada
mata kuliah Probabilitas. Hal ini dilatarbelakagi oleh kesulitan mahasiswa dalam memecahkan
permasalahan realistik pada mata kuliah Probabilitas, khususnya di kelas internasional. Subyek
dalam penelitian ini adalah delapan mahasiswa semester empat tahun akademik 2016/2017 di
kelas internasional pada program studi Pendidikan Matematika. Pengumpulan data dilakukan
dengan instrumen tes tertulis yang terdiri dari empat butir soal realistik dan satu soal abstrak.
Selanjutnya, wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait hasil tes
tertulis mahasiswa. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan dan berpedoman pada analisis kesalahan Newman. Berdasarkan
hasil analisis tes tertulis dan wawancara, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum tidak
terjadi kesalahan pada level comprehension. Mahasiswa tidak memiliki permasalahan dalam
memahami semua arti kata. Kesalahan berawal dari transformation yang kemudian menjadi
penyebab terjadinya kesalahan process skill dan encoding. Kesalahan transformation ini
disebabkan kurangnya aktivitas bernalar pada mahasiswa terutama pada permasalahan realistik.
Hal ini didukung oleh tidak terdapatnya kesalahan pada pemecahan masalah satu butir soal tes
abstrak yang diberikan pada instrumen tes.