Show simple item record

dc.contributor.authorRejeki, Sri
dc.contributor.authorPrabandari, Radha Sita
dc.date.accessioned2018-03-01T02:36:56Z
dc.date.available2018-03-01T02:36:56Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationAizikovitsh-udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High. Creative Education, 6(March), 455–462. http://doi.org/10.4236/ce.2015.64045 Clarkson, P. C., & Campus, M. (1991). Language comprehension errors: A further investigation. Mathematics Education Research Journal, 3(2), 24–33. Cooper, B., & Dunne, M. (2000). Assessing children’s mathematical knowledge: Social class, sex, and problem solving. Buckingham: Open University Press. Freund, J. (2007). Modern Elementary Statistic. New York: Prentice Hal Incl. Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in Thailand using Newman procedure. Journal of International Cooperation …, 9(1), 111–122. Retrieved from http://home.hiroshima-u.ac.jp/cice/wp-content/uploads/ publications/Journal9-1/9-1-9.pdf Setyaningsih, N., & Murtiyasa, B. (2002). Pengantar statistika matematika. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Subanar. (2007). Pengantar probabilitas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan Nasional. Varughese, N. A. (2009). Language difficulties in mathematics courses for students from nonEnglish speaking background in the transition from secondary to tertiary education. RMIT University. White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Allan Leslie White Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–148. Wijaya, A., Van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: an analysis of students’ errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 541–554.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9605
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kategori kesalahan dan faktor penyebab kesalahan mahasiswa dalam memecahkan permasalahan realistik pada mata kuliah Probabilitas. Hal ini dilatarbelakagi oleh kesulitan mahasiswa dalam memecahkan permasalahan realistik pada mata kuliah Probabilitas, khususnya di kelas internasional. Subyek dalam penelitian ini adalah delapan mahasiswa semester empat tahun akademik 2016/2017 di kelas internasional pada program studi Pendidikan Matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes tertulis yang terdiri dari empat butir soal realistik dan satu soal abstrak. Selanjutnya, wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait hasil tes tertulis mahasiswa. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan berpedoman pada analisis kesalahan Newman. Berdasarkan hasil analisis tes tertulis dan wawancara, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum tidak terjadi kesalahan pada level comprehension. Mahasiswa tidak memiliki permasalahan dalam memahami semua arti kata. Kesalahan berawal dari transformation yang kemudian menjadi penyebab terjadinya kesalahan process skill dan encoding. Kesalahan transformation ini disebabkan kurangnya aktivitas bernalar pada mahasiswa terutama pada permasalahan realistik. Hal ini didukung oleh tidak terdapatnya kesalahan pada pemecahan masalah satu butir soal tes abstrak yang diberikan pada instrumen tes.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2in_ID
dc.titleKesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Permasalahan Realistik Pada Mata Kuliah Probabilitasin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record