Penguatan Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Melalui Perkuliahan Kepramukaan Dalam Upaya Mempersiapkan Mahasiswa PPKN Sebagai Pembina Ekstrakurikuler di Sekolah
Abstract
Subjek penelitian ini adalah penguatan karakter kemandirian dan tanggung jawab melalui
perkuliahan kepramukaan. Pertanyaan yang akan dijawab dalam tulisan ini (1) bagaimana
pelaksanaan perkuliahan Kepramukaan pada Prodi PPKn FKIP UMS terkait dengan penguatan
karakter kemandirian dan tanggung jawab, (2) bagaimana tanggapan mahasiswa selama
mengikuti perkuliahan Kepramukaan di Prodi PPKn FKIP UMS terkait dengan penguatan
karakter kemandirian dan tanggung jawab, dan (3) bagaimana tanggapan alumni dan stakeholder
mengenai mata kuliah Kepramukaan yang diberikan pada mahasiswa Prodi PPKn FKIP UMS
terkait dengan penguatan karakter kemandirian dan tanggung jawab. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam
penelitian ini diperoleh melalui triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan triangulasi
peneliti. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
mahasiswa menganggap mata kuliah Kepramukaan sangatlah bermanfaat, terutama dalam
pembentukan karakter kemandirian dan tanggung jawab. Mahasiswa mendapatkan penguatan karakter kemandirian dan tanggung jawab dari kegiatan Kepramukaan yang dilaksanakan.
Kegiatan tersebut seperti baris-berbaris, tali-temali, survival saat kemah, menciptakan lagu,
membuat tenda, memecahkan sandi morse, mengikuti jurit malam, dan kegiatan lainnya.
Alumni dan stakeholder juga memberikan tanggapan positif dengan adanya mata kuliah
Kepramukaan yang mampu menjadi sarana dalam penguatan karakter kemandirian dan
tanggung jawab.