• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Mata Kuliah Pengajaran Mikro di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    27.pdf (676.2Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Aprilia, Nani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perencanaan yang baik adalah kunci tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Perencanaan yang terimplementasi akan ditindaklanjuti dengan sebuah evaluasi. Evaluasi dapat menggambarkan kualitas pembelajaran yang telah direncanakan dan dapat memberikan masukan terhadap program pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ketepatan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro di program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, meliputi: 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) penilaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan Model Countenance Stake, yang meliputi evaluasi Antacendent, Transaction, dan Outcomes. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro di prodi pendidikan biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, membandingkan hasil penelitian dengan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil penelitian diperoleh pada tahap antecenden dengan persentase 74,02%, trancenden dengan persentase 80,38%, dan outcome dengan persentase 74,77%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa evaluasi program pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro tahun ajaran 2016/2017 di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan dalam kategori baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9610
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV