dc.contributor.author | Aprilia, Nani | |
dc.date.accessioned | 2018-03-01T04:18:00Z | |
dc.date.available | 2018-03-01T04:18:00Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Aprilia. 2016. “Analisis Kesesuaian Instrumen Sumatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Mata Kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar di Prodi Pendidikan Biologi UAD.” Seminar Nasional The Progressive and fun Education tahun 2016. Prosiding ber ISBN : 978-602361-045-7. Aprilia & Susilo. 2004. “Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Microteaching Berbasis Perspektif Keterampilan Dasar Mengajar” dalam Jurnal Bioedukatika Volume 2 Nomor 2. Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19, Tahun 2005, tentang Standar Proses Nasional Pendidikan. Febriyanto, Deni. 2012. Evaluasi Pelaksanaan Proses pembelajaran Praktik Las Lanjut di SMK Muhammadiyah Prambanan. http://eprints.uny.ac.id. Diakses tanggal 10 Januari 2014. Peraturan Mentri Nomor 81 A Tahun 2013 Terkait Standar Proses Pelaksanaan Pemebelajaran Kurikulum 2013. Silberman. 2006. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif Edisi Revisi III. Bandung : Nusamedia Undang-Undang Guru dan Dosen nomor 14 Tahun 2005 Universitas Ahmad Dahlan . 2017. Buku Kurikulum Pendidikan Biologi 2017. Yogyakarta : UAD Universitas Ahmad Dahlan. 2016. Laporan Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan. Yogyakarta : UAD Universitas Ahmad Dahlan. 2010. Standar Operasional Prosedur (Sop) Terkait Pembelajaran. UAD Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta Usman, Uzer. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta Worthen, R.,& Sanders, J. 1973. Educational Evaluation Theory and Practice.California: Wardsworth Publishing Company. Widoyoko, S,Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktisbagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogakarta : Pustaka Pelajar. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9610 | |
dc.description.abstract | Perencanaan yang baik adalah kunci tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Perencanaan yang terimplementasi akan ditindaklanjuti dengan sebuah evaluasi. Evaluasi dapat
menggambarkan kualitas pembelajaran yang telah direncanakan dan dapat memberikan masukan
terhadap program pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
ketepatan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro di program studi pendidikan
biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, meliputi: 1) perencanaan pembelajaran,
2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) penilaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian
evaluasi dengan menggunakan Model Countenance Stake, yang meliputi evaluasi Antacendent,
Transaction, dan Outcomes. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa yang terlibat
dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro di prodi pendidikan biologi
FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif, membandingkan hasil penelitian dengan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil
penelitian diperoleh pada tahap antecenden dengan persentase 74,02%, trancenden dengan
persentase 80,38%, dan outcome dengan persentase 74,77%. Dengan demikian dapat dinyatakan
bahwa evaluasi program pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro tahun ajaran 2016/2017
di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan dalam kategori baik. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Mata Kuliah Pengajaran Mikro di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |