Pemilihan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Sebagai Solusi Mengurangi Sifat Egosentris Anak Usia TK
Abstract
Anak merupakan pribadi yang unik. Mengenal karakteristik anak untuk kepentingan proses
pembelajaran merupakan suatu keniscayaan. Adanya pemahaman yang jelas tentang karakteristik
anak akan memberikan kontribusi terhadap tujuan pembelajaran secara efektif. Sifat egosentris
merupakan salah satu karakteristik anak usia TK. Egosentris merupakan ketidakmampuan anak
untuk melihat sudut pandang lain. Sikap egosentris ini pada usia-usia tertentu dinilai wajar dan
alamiah, tetapi apabila sifat egosentris ini dibiarkan maka akan berakibat buruk tidak hanya
pada dirinya sendiri tetapi juga kepada orang lain. Meskipun sifat egosentris ini sifatnya tidak
menetap, tetapi guru perlu memberikan stimulasi yang tepat. Jika anak tidak diajarkan untuk
melihat dari sudut pandang orang lain, maka egosentris bisa menetap sampai anak dewasa.
Guru dalam setiap melakukan pembelajaran pastilah ada tujuan yang hendak dicapai. Untuk
mencapai tujuan pembelajaran secara efektif salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah
memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran kooperatif Numbered Heads
Together (NHT) adalah sebuah model pembelajaran yang mengutamakan keterlibatan anak
secara penuh dan aktif. Model ini merupakan salah satu strategi pembelajaran dapat dijadikan
solusi untuk mengurangi sifat egosentris anak usia TK.