• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemilihan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Sebagai Solusi Mengurangi Sifat Egosentris Anak Usia TK

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (649.8Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Wardhani, Junita Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak merupakan pribadi yang unik. Mengenal karakteristik anak untuk kepentingan proses pembelajaran merupakan suatu keniscayaan. Adanya pemahaman yang jelas tentang karakteristik anak akan memberikan kontribusi terhadap tujuan pembelajaran secara efektif. Sifat egosentris merupakan salah satu karakteristik anak usia TK. Egosentris merupakan ketidakmampuan anak untuk melihat sudut pandang lain. Sikap egosentris ini pada usia-usia tertentu dinilai wajar dan alamiah, tetapi apabila sifat egosentris ini dibiarkan maka akan berakibat buruk tidak hanya pada dirinya sendiri tetapi juga kepada orang lain. Meskipun sifat egosentris ini sifatnya tidak menetap, tetapi guru perlu memberikan stimulasi yang tepat. Jika anak tidak diajarkan untuk melihat dari sudut pandang orang lain, maka egosentris bisa menetap sampai anak dewasa. Guru dalam setiap melakukan pembelajaran pastilah ada tujuan yang hendak dicapai. Untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) adalah sebuah model pembelajaran yang mengutamakan keterlibatan anak secara penuh dan aktif. Model ini merupakan salah satu strategi pembelajaran dapat dijadikan solusi untuk mengurangi sifat egosentris anak usia TK.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9686
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV