• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Materi Ilmu Hukum Dalam Mata Kuliah PIH dan PHI

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (709.9Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Siregar, Hotma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum di program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menentukan adanya kesinambungan antarmatakuliah, terutama dalam ilmu hukum. Mahasiswa yang tidak memahami materi ilmu hukum sejak semester awal akan kesulitan dalam semester berikutnya. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efek penerapan metode pembelajaran melalui belajar mandiri dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa pada materi ilmu hukum dalam mata kuliah PIH dan PHI semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Setelah penelitian tindakan kelas dilakukan, terlihat adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa (setelah selesai siklus II). Hasil postes pada siklus I belum menunjukkan adanya perubahan. Hal ini tampak dari angka rata-rata pretest sebesar 61,13 menjadi 65,16 pada hasil postest. Akan tetapi, hasil postest siklus II menunjukkan perubahan yang cukup besar jika diukur dari ketuntasan belajar mahasiswa. Pada postes siklus I, mahasiswa yang tuntas hanya 3 orang (9,37%) dan mahasiswa yang tidak tuntas sebanyak 29 orang (90,63%). Adapun pada postes siklus II, mahasiswa yang tuntas menjadi 27 orang (84,38%), dan yang tidak tuntas hanya 5 orang (15,62%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran melalui belajar mandiri dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa pada materi ilmu hukum dalam mata kuliah PIH dan PHI semester I Tahun Ajaran 2015/2016.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9721
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV