• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Sesuai Dengan Gaya Belajar Peserta Didik

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.080Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Sulistyanto, Hernawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peserta didik dapat dimungkinkan mempunyai maksud belajar yang berbeda, latar belakang yang tidak sama, tingkat pengetahuan yang tidak sejajar, kompetensi yang bervariasi, serta gaya belajar yang tidak serupa. Oleh karena itu sebuah sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik sangat layak untuk diwujudkan sehingga para peserta didik memperoleh materi dengan model penyajian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kecocokannya dalam belajar. Sebuah sistem pembelajaran berbantuan teknologi komputer perlu didesain untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam membangun secara aktif pengetahuan yang dimilikinya melalui suatu proses adaptif pengorganisasian pengalaman belajar berbasis sistem realitas tertambahkan (Augmented Reality) disingkat AR dengan model aplikasi web untuk menambah interaksi dengan lingkungannya. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D). Unjuk kerja sistem diujikan dengan menggunakan metode pengujian black-box dan alpha-beta pada setiap modul sistem. Sementara itu metode tindakan kelas (Class Action) dan survey digunakan untuk mengidentifikasi dampak langsung dari media pembelajaran berbantuan teknologi AR ini terhadap peningkatan prestasi peserta didik. Berdasarkan pada serangkaian analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi pada pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik memberikan indikasi adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan dan pemahaman materi belajar serta penguatan pengalaman baik dalam lingkungan formal maupun non-formal.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9731
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV