Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Sesuai Dengan Gaya Belajar Peserta Didik
dc.contributor.author | Sulistyanto, Hernawan | |
dc.date.accessioned | 2018-04-24T01:24:04Z | |
dc.date.available | 2018-04-24T01:24:04Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cain, T. (2011). Teachers’ classroom based action research. International Journal of Research & Method in Education. Vol 34, No.1, pp. 3-16, DOI: 10.1080/1743727X.2011.552307 Fero, D. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Mata Pelajaran TIK: Pokok Bahasan Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK DiSMA N 2 Banguntapan, Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. Kirkwood, Adrian, Price dan Linda (2014). Technology-enhanced learning and teaching in higher education: what is ‘enhanced’ and how do we know? A critical literature reviewe-article pada Learning, Media and Technology, DOI:10.1080/17439884.2013.770404 Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyanto, A. (2013). Media Pembelajaran Tik (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Untuk Siswa Menengah Pertama Berbasis Multimedia, Thesis, Unibersitas Stikubank Semarang NN. (2013). Peraturan Pemerintah. Tentang, Tentang Standar Sarana dan Prasarana, Pasal 1 Ayat 9 dan 19. Sekertariat Negara Republik Indonesia, Jakarta. Prasetyo, Z.K. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP, Program Pascasarjana UNY. Putra, B.H. (2011). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Biologi untuk Sistem Pernafasan pada Hewan Berbasis Komputer. Jurnal Jurusan Teknik Informatika. STMIK GI MDP. Ratnawati, R dan T.I Tjendrowaseno. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tasikmadu, Jurnal Saintek, UNYYogyakarta. Rifai, M., T. Listiyorini, dan A. Latubessy. (2014). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Aplikasi Katalog Rumah Sakit Berbasis Android, e-Prosiding SNATIF, ISBN: 978602-1180-04-4. Setiasih, W.A dan D.K Hakim. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Guna Peningkatan Prestasi Siswa Kelas VII SMP Negeri Subang. Jurnal Fakultas Teknik. Teknik informatika. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sumantri, M. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9731 | |
dc.description.abstract | Peserta didik dapat dimungkinkan mempunyai maksud belajar yang berbeda, latar belakang yang tidak sama, tingkat pengetahuan yang tidak sejajar, kompetensi yang bervariasi, serta gaya belajar yang tidak serupa. Oleh karena itu sebuah sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik sangat layak untuk diwujudkan sehingga para peserta didik memperoleh materi dengan model penyajian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kecocokannya dalam belajar. Sebuah sistem pembelajaran berbantuan teknologi komputer perlu didesain untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam membangun secara aktif pengetahuan yang dimilikinya melalui suatu proses adaptif pengorganisasian pengalaman belajar berbasis sistem realitas tertambahkan (Augmented Reality) disingkat AR dengan model aplikasi web untuk menambah interaksi dengan lingkungannya. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D). Unjuk kerja sistem diujikan dengan menggunakan metode pengujian black-box dan alpha-beta pada setiap modul sistem. Sementara itu metode tindakan kelas (Class Action) dan survey digunakan untuk mengidentifikasi dampak langsung dari media pembelajaran berbantuan teknologi AR ini terhadap peningkatan prestasi peserta didik. Berdasarkan pada serangkaian analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi pada pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik memberikan indikasi adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan dan pemahaman materi belajar serta penguatan pengalaman baik dalam lingkungan formal maupun non-formal. | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | id_ID |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Sesuai Dengan Gaya Belajar Peserta Didik | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
Jati Diri LPTK PTM untuk Pendidikan yang Berkemajuan dan Menggembirakan