• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Realisasi Dan Strategi Tindak Kesantunan Direktif Menasihati Guru Terhadap Siswa Dalam Pelayanan Konsultasi BK di SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta dan Implikasinya Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (617.6Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Prayitno, Harun Joko
    Ngalim, Abdul
    Windiyanti, Yuli
    Sulistyono, Yunus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Studi ini bertujuan untuk memperskripsikan dan mengidentifikasi realisasi bentuk dan stategi tindak kesantunan direktif menasihati guru terhadap siswa dalam layanan BK di SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta serta merumuskan implikasinya sebagai pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Objek studi ini adaah tuturan menasihati guru BK dalam memberikan pelayanan BK kepada anak didik dalam proses konsultasi BK. Pendekatan yang dikembangkan dalam studi ini berbentuk studi kasus dengan ancangan pragmatik fungsional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dasar sadap dan dilanjutkan dengan teknik simak, rekam, dan teknik catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik padan intralingual dan dipertajam dengan teknik ekstralingual. Interpretasi perwujudan bentuk tindak kesantunan direktif meminta dilakukan dengan kerja analisis pragmatik yang mengacu pada analisis heuristik model Grice. Skala kelangsungan dan peringkat kesantunan direktif meminta dianalisis dengan mempertimbangkan skalaskala kesantunan model Brown-Levinson. Hasil studi menunjukkan bahwa bentuk dan strategi kesantunan direktif menasihati guru BK dalam memberikan layanan konsultasi kepada siswa direalisasikan ke dalam enam sub TKD direktif. Realisasi keenam sub TKD itu adalah menasihati (29%), menyarankan (9%), menganjurkan (21%), mengingatkan (26%), mengarahkan (9%), dan mengimbau (6%). Strategi kesantunan direktif menasihati guru dalam layanan BK berkecenderungan dibangun dengan cara-cara langsung (72%) daripada dengan cara tidak langsung (28%). Teknik kesantunan direktif bekecenderungan dinyatakan dengan cara-cara langsung literal (74%) daripada dengan cara tidak langsung literal (26%). Temuan ini menggambarkan bahwa realisasi tindak kesantunan direktif menasihati ke dalam sub-TKD menasihati, menyarankan, menganjurkan, mengingatkan, mengarahkan, dan mengimbau sangat bergantung pada konteks apa yang dikonsultasikan dan bagaimana hubungan gurusiswa. Guru BK bertindak kooperatif dan konsultatif serta menghindari cara-cara konfrontatif seperti memaksa dan/atau melarang untuk mendewasakan dan memandirikan siswanya dalam pengambilan setiap keputusan. Temuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan materi ajar kompetensi inti mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan konsultasi secara santun.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9732
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV