Show simple item record

dc.contributor.authorPrayitno, Harun Joko
dc.contributor.authorNgalim, Abdul
dc.contributor.authorWindiyanti, Yuli
dc.contributor.authorSulistyono, Yunus
dc.date.accessioned2018-04-24T01:37:39Z
dc.date.available2018-04-24T01:37:39Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationChaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Putra. Halim, H., dkk. (2015). “Politeness in buginese language as a social status symbol in wajo regency”. Journal of Language Teaching and Research, 6(1), 230-239. Retrieved. Lestari, Ika. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi”. Padang: Akademia. Peng, L., dkk. 2014. “A case study of college teacher’s politeness strategy in EFL classroom”. Theory and Practice in Language Studies, 4(1), 110-115. Retrieved. Prayitno, Harun Joko . 2010. Perwujudan Prinsip Kerjasama, Sopan Santun, dan Ironi Para Pejabat dalam Peristiwa Rapat Dinas di Lingkungan Pemkot Berbudaya Jawa. Kajian Linguistik dan Sastra Vol. 22 No.1 halaman 30-46. Prayitno, Harun, Joko .2011. Teknik dan Strategi Tindak Kesantunan Direktif di Kalangan Andik SD Berlatar Belakang Budaya Jawa Kajian Linguistik dan Sastra Vol. 23 No.2 halaman 205-206.UMS. Prayitno, Harun, Joko. 2011. Kesantunan Sosiopragmatk Studi Pemakaian Tindak Direktif di Kalangan Andik SD Berbudaya Jawa. Surakarta: MUP. Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9732
dc.description.abstractStudi ini bertujuan untuk memperskripsikan dan mengidentifikasi realisasi bentuk dan stategi tindak kesantunan direktif menasihati guru terhadap siswa dalam layanan BK di SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta serta merumuskan implikasinya sebagai pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Objek studi ini adaah tuturan menasihati guru BK dalam memberikan pelayanan BK kepada anak didik dalam proses konsultasi BK. Pendekatan yang dikembangkan dalam studi ini berbentuk studi kasus dengan ancangan pragmatik fungsional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dasar sadap dan dilanjutkan dengan teknik simak, rekam, dan teknik catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik padan intralingual dan dipertajam dengan teknik ekstralingual. Interpretasi perwujudan bentuk tindak kesantunan direktif meminta dilakukan dengan kerja analisis pragmatik yang mengacu pada analisis heuristik model Grice. Skala kelangsungan dan peringkat kesantunan direktif meminta dianalisis dengan mempertimbangkan skalaskala kesantunan model Brown-Levinson. Hasil studi menunjukkan bahwa bentuk dan strategi kesantunan direktif menasihati guru BK dalam memberikan layanan konsultasi kepada siswa direalisasikan ke dalam enam sub TKD direktif. Realisasi keenam sub TKD itu adalah menasihati (29%), menyarankan (9%), menganjurkan (21%), mengingatkan (26%), mengarahkan (9%), dan mengimbau (6%). Strategi kesantunan direktif menasihati guru dalam layanan BK berkecenderungan dibangun dengan cara-cara langsung (72%) daripada dengan cara tidak langsung (28%). Teknik kesantunan direktif bekecenderungan dinyatakan dengan cara-cara langsung literal (74%) daripada dengan cara tidak langsung literal (26%). Temuan ini menggambarkan bahwa realisasi tindak kesantunan direktif menasihati ke dalam sub-TKD menasihati, menyarankan, menganjurkan, mengingatkan, mengarahkan, dan mengimbau sangat bergantung pada konteks apa yang dikonsultasikan dan bagaimana hubungan gurusiswa. Guru BK bertindak kooperatif dan konsultatif serta menghindari cara-cara konfrontatif seperti memaksa dan/atau melarang untuk mendewasakan dan memandirikan siswanya dalam pengambilan setiap keputusan. Temuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan materi ajar kompetensi inti mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan konsultasi secara santun.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2id_ID
dc.titleRealisasi Dan Strategi Tindak Kesantunan Direktif Menasihati Guru Terhadap Siswa Dalam Pelayanan Konsultasi BK di SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta dan Implikasinya Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesiaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record