• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Akademik 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (736.6Kb)
    Date
    2017-05
    Author
    Setyaningsih, Endang
    Marlinasari, Witri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendekatan keterampilan proses merupakan pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi pengembangan kompetensi ilmiah. Pendekatan ketrampilan proses dapat berwujud praktikum. Pembelajaran praktikum Anatomi Hewan (AH) mengalami perubahan seiring dengan diubahnya aturan dalam pelaksanaan praktikumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum AH dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran berupa Charta pada Tahun Akademik (TA) 2015/2016. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perencanaan praktikum, sarana prasarana, sumber belajar, pelaksanaan kegiatan dan sistem evaluasi setelah adanya tambahan penggunaan media pembelajaran berupa Charta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan praktikum sudah dalam kategori baik, 2. Sarana dan prasarana termasuk alat dan bahan yang digunakan sudah lengkap dan layak, 3. Sumber belajar yang digunakan sudah baik tapi lebih ideal kalau gambar berwarna dan penggunaan charta sangat membantu meningkatkan pemahaman, 4. Pelaksanaan kegiatan sudah baik, menarik, disiplin dan meningkatkan kerjasama, 5. Sistem evaluasi sudah dapat mengukur kemampuan individu, tapi untuk soal pretes diberi nomor.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9736
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV