Show simple item record

dc.contributor.authorSetyaningsih, Endang
dc.contributor.authorMarlinasari, Witri
dc.date.accessioned2018-05-07T06:10:58Z
dc.date.available2018-05-07T06:10:58Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationAdimihardja, Mintasih. 2009. Analisis Penyelenggaraan Praktikum tersedia: http://file.upi.edu/ 1. b Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196705271992031-ARI_WIDODO/2006Analisis_kegiatan_praktikum.pdf diakses pada Kamis 22 Desember. b a . 2009. Manajemen Laboratorium. Tersedia: http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_ content&view=article&id=612&Itemid=225 diakses pada Jumat 23 Desember 2011. . 2010. Pelayanan praktikum. Tersedia: http://fapet.ub.ac.id/official/phocadownload/ MPFakNov2010/mp%20fpt%2.htm diakses pada Rabu 21 Desember 2011. .2010.Persepsi Definisi, Faktor dan Proses Terjadinya Persepsi. Tersedia: http://blog. ilmukeperawatan.com/persepsi-definisi-faktor-dan-proses-terjadinya-persepsi.html. diakses pada Kamis, 09 Februari 2012. c d . 2011.Anatomi Hewan. Tersedia: http://ilearn.unand.ac.id/cours.view/php?=992 diakses pada Jumat 23 Desember2011. . 2011. Pengertian Persepsi. Tersedia: http://www.infoskripsi.com/Article/PengertianPersepsi.html diakses pada Sabtu 24 Desember 2011. Cahyawati, Dian.2010.Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Laboratorium Komputer Jurusan MatematikaFakultas MIPA. JurnalVol 13 No 3A. Tersedia: http://jpsmipaunsri.files.wordpress.com/2011/02/0101-08a-1-dian-ok.pdf diakses padahari Kamis,22 Desember2011. Dewi, Novi Ratna dan Moh. Asikin. 2009. Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Perkuliahan di UNNES.Skripsi. FMIPA:Universitas Negeri Semarang. Furchan, Arief. 2007.Pengantar dalam Penelitan Pendidikan. Surabaya:UsahaNasional. Hamalik, Oemar, 2003. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito. Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: SalembaHumanika. Iskandar, 2011.Anatomihewan.Tersedia: http://galinbangkalan.blogspot.com/2011.04/anatomi _hewan.htmldiakses pada Jumat 23 Desember2011. Kusumandiri, Rini. 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tesis. Surakarta: UMS Moleong, LexyJ. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda. Panji, Anggoro. 2006. Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan yang Mempengeruhi Kepuasan Mahasiswa pada Perguruan Tinggi “AUB”Surakarta. Tersedia: http://ejournal. stieaub.ac.id/index.php/probank/article/download/4/1 hari kamis 22 Desember2011. Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Romlah, Oom. 2009. Peranan Praktikum dalam Mengembangkan Keterampilan Proses dan Kerja Laboratorium. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/49076709/PERANANPRAKTIKUM- DALAM-MENGEMBANGKAN- KETERAMPILAN- KERJALABORATORIUM diakses pada Minggu, 25 Desember 2011. Rudiyanto, Teguh. 2006. Persepsi Siswa SMK Phanca Bhakti Banjarnegara terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani. Tersedia: http: //www.scribd.com/doc/34329974/7/PengertianPersepsi diakses pada Minggu 25 Desember2011. Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Mikro teaching. Quantum Teaching. Jakarta: PT. Ciputat Press. Setyaningsih, Endang. 2015. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pengelolaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi Tahun Akademik 2013/2014. Yogyakarta. Jurnal Bioedukatika, Vol.3, No.2, h:25-32 Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara. ___. 2010. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta : Sinar Baru Algensindo. Sobiroh, Arbain, 2005. Pemanfaatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMA Se-Kabupaten Banjarnegara Semester 1 Tahun 2004/2005. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/50996099/29/A-Tinjauan-Pustaka diakses pada Minggu 25 Desember 2011. Sriwidadi, Teguh. 2008. Analisis Persepsi Mahasiswa tentang Komitmen dan Kompetensi Dosen serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Mahasiswa. Skripsi. Universitas Indonesia Esa Unggul: Jurusan Manajemen. Tjong, Shelfie. 2011. Belajar yang Menyenangkan. Tersedia: http://www.telaga.org/belajar_ yang_menyenangkan. diakses pada Kamis 15 Desember 2011. Winarta, Joko. 2011. Peran Kinerja Guru dalam Meningkatkan Kwalitas Pendidikan ditinjau dari Input, Proses, dan Output tersedia: http://edukasi.kompasiana.com/2011/02/17/perankinerja-guru-dalam-meningkatkan-kwalitas-pendidikan-ditinjau-dari-input-proses-danoutput/ diakses pada Minggu 26 Februari 2011. Wiranata, Dony Arya. 2011. Pengertian Ilmu Biologi. Tersedia: http://www.scribd.com/ doc/23320356/Pengertian-ilmu-biologi.html diakses pada Kamis 22 Desember 2011. Yuliani, Ani. 2011. Menyelami Konsep dan Analisis Teori Belajar dan Pembelajaran. Tersedia: http://edukasi.kompasiana.com/2011/10/21/menyelami-konsep-dan- analisis-teori-belajardan-pembelajaran/ diakses tanggal 05 Desember 2011.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9736
dc.description.abstractPendekatan keterampilan proses merupakan pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi pengembangan kompetensi ilmiah. Pendekatan ketrampilan proses dapat berwujud praktikum. Pembelajaran praktikum Anatomi Hewan (AH) mengalami perubahan seiring dengan diubahnya aturan dalam pelaksanaan praktikumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum AH dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran berupa Charta pada Tahun Akademik (TA) 2015/2016. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perencanaan praktikum, sarana prasarana, sumber belajar, pelaksanaan kegiatan dan sistem evaluasi setelah adanya tambahan penggunaan media pembelajaran berupa Charta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan praktikum sudah dalam kategori baik, 2. Sarana dan prasarana termasuk alat dan bahan yang digunakan sudah lengkap dan layak, 3. Sumber belajar yang digunakan sudah baik tapi lebih ideal kalau gambar berwarna dan penggunaan charta sangat membantu meningkatkan pemahaman, 4. Pelaksanaan kegiatan sudah baik, menarik, disiplin dan meningkatkan kerjasama, 5. Sistem evaluasi sudah dapat mengukur kemampuan individu, tapi untuk soal pretes diberi nomor.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2id_ID
dc.titlePersepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Akademik 2015/2016id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record