• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Kependidikan Berbasis Kecakapan Hidup Dengan Pendekatan Teaching-Learning Stages For A Genre-Based

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (706.1Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Fuadi, Djalal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya model pembelajaran berperspektif kecakapan hidupdalam setiap pembelajaran Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK), sehingga lulusan memiliki kecakapan hidupyang mumpuni. Model pembelajaran dimulai dari silabus, RMP, dan implementasi model pembelajaran Mata Kuliah Dasar Kependidikan berbasiskecakapan hidupyang terimplementasi dalam Teaching-Learning Stage for Genre-Based Approach. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam,serta kajian dokumen dan kebijakan. Validitas data dijaga dengan melakukan pemeriksaan triangulasisumber, metode, penyelidik, dan teori, sedangkan analisis data secara berurutan periode menggunakan analisis SWOT, analisis interaktif,dan analisis implementatif. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut. 1) Semua Mata Kuliah Dasar Kependidikan telah memuat cakupan kecakapan hidup,tetapi pada tataran implementasi proses pembelajaran dan evaluasinya masih terfokus pada pengembangan kemampuan akademis atau vokasional (hard skills), belum memasukkansepenuhnya aspek pengembangan komponenkecakapan hidup. Dalam mengimplementasikan Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus (CP-KK), masing-masing mata kuliah menggunakan metode pembelajaran dan bentuk penugasan sangat bervariasi serta memiliki kandungan kecakapan hidupyang cukup komplekss. 2) Hasil analisis RMP pada MKDK menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran baik pendekatan, strategi, maupun teknik pembelajaran menggunakan pendekatan bervariasi. Pendekatan lebih berbasis pada kompetensi akademik dan vokasional, belum pada kompetensi lintas kurikulum (kompetensi sosial dan personal). Tahapan untuk memberikan kesempatan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar melalui kegiatan individu, berpasangan, maupun kelompok dengan empat tahapan, meliputi: (1) building knowledge of field, (2) modelling,(3) joinconstructiondan (4) independent construction, Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran aktif yang lebih menekankan pada student orienteddanbersifat multimodel untuk masing-masing tahapan, sesuai dengan karakter pokok bahasan dan kompetensi yang diharapkan. Namun,implementasi tahapan belum menunjukkan adanya tahapan secara khusus, berkelanjutan, dan konsisten untuk membangun keempat komponen kecakapan hidup(kompetensi sosial, kepribadian, vokasional dan akademik)secara serempak. Model pembelajaran belum secaraimplisit disebutkan dalam silabus maupun RMP, misalnya;problem based learning, cooperative learning, collaborative learning, project based learning, contextual instruction, small group discussion, simulation, discovery learning, ataudirected learning.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9739
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV