Show simple item record

dc.contributor.authorFuadi, Djalal
dc.date.accessioned2018-05-08T03:48:58Z
dc.date.available2018-05-08T03:48:58Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationAsmani, Jamal Ma’mur. 2009. Sekolah Life Skills (Lulus Siap Kerja). Yogyakarta: Diva Press. Borg & Gall, 1979. Educational Research: an introduction. New York: Longman, Inc. Dwi, Tommy Faturrachman.2016. “400.000 Lulusan Sarjana S1 Menganggur karena 5 Alasan”. Diunduh dari https://www.linkedin.com/pulse/400000-lulusan-sarjana-s1-menganggurkarena-5-alasan-tommy Hendricks, P. 2010. Developing Youth Curriculum Using the Targeting Life Skills Model. Diunduh dari http:/www.extention.iastate.edu/4h/explore/lifeskills pada 16 Maret 2014 jam 20.31. Marwiyah, Syarifatul. 2012. Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. JURNAL FALASIFA. VoL l.3, No. 1, Maret 2012 (75-97) Solo Pos, 28April 2016, Halaman XI. Perguruan Tinggi Diminta Benahi Kurikulum. Nasikun, 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pasca Sarjana-UGM. Nyoman, Sucipto. 2009. Holistic Soft Skills,mengutip hasil Survey National Association of Colleges and Employee (NACE, 2002). Ramdhani, Neila. 2008. “Active Learning and Soft Skills”, paper, disampaikan pada SeminarNasional Memanfaatkan Soft Skills untuk Pembelajaran. Akper Panti Rapih. Senowarsito, dkk. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Berspektif Life Skills. Diunduh dari http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/357 Sukmadinata,Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. ---------------id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9739
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah tersusunnya model pembelajaran berperspektif kecakapan hidupdalam setiap pembelajaran Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK), sehingga lulusan memiliki kecakapan hidupyang mumpuni. Model pembelajaran dimulai dari silabus, RMP, dan implementasi model pembelajaran Mata Kuliah Dasar Kependidikan berbasiskecakapan hidupyang terimplementasi dalam Teaching-Learning Stage for Genre-Based Approach. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam,serta kajian dokumen dan kebijakan. Validitas data dijaga dengan melakukan pemeriksaan triangulasisumber, metode, penyelidik, dan teori, sedangkan analisis data secara berurutan periode menggunakan analisis SWOT, analisis interaktif,dan analisis implementatif. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut. 1) Semua Mata Kuliah Dasar Kependidikan telah memuat cakupan kecakapan hidup,tetapi pada tataran implementasi proses pembelajaran dan evaluasinya masih terfokus pada pengembangan kemampuan akademis atau vokasional (hard skills), belum memasukkansepenuhnya aspek pengembangan komponenkecakapan hidup. Dalam mengimplementasikan Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus (CP-KK), masing-masing mata kuliah menggunakan metode pembelajaran dan bentuk penugasan sangat bervariasi serta memiliki kandungan kecakapan hidupyang cukup komplekss. 2) Hasil analisis RMP pada MKDK menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran baik pendekatan, strategi, maupun teknik pembelajaran menggunakan pendekatan bervariasi. Pendekatan lebih berbasis pada kompetensi akademik dan vokasional, belum pada kompetensi lintas kurikulum (kompetensi sosial dan personal). Tahapan untuk memberikan kesempatan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar melalui kegiatan individu, berpasangan, maupun kelompok dengan empat tahapan, meliputi: (1) building knowledge of field, (2) modelling,(3) joinconstructiondan (4) independent construction, Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran aktif yang lebih menekankan pada student orienteddanbersifat multimodel untuk masing-masing tahapan, sesuai dengan karakter pokok bahasan dan kompetensi yang diharapkan. Namun,implementasi tahapan belum menunjukkan adanya tahapan secara khusus, berkelanjutan, dan konsisten untuk membangun keempat komponen kecakapan hidup(kompetensi sosial, kepribadian, vokasional dan akademik)secara serempak. Model pembelajaran belum secaraimplisit disebutkan dalam silabus maupun RMP, misalnya;problem based learning, cooperative learning, collaborative learning, project based learning, contextual instruction, small group discussion, simulation, discovery learning, ataudirected learning.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2id_ID
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Kependidikan Berbasis Kecakapan Hidup Dengan Pendekatan Teaching-Learning Stages For A Genre-Basedid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record