Show simple item record

dc.contributor.authorKusumaningtyas, Dian Artha
dc.date.accessioned2018-05-08T03:57:01Z
dc.date.available2018-05-08T03:57:01Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationAisyah, Nyimas. 2007. PengembanganPembelajaran Matematika di Kampus Dasar. Jakarta: Depdiknas.. Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Artha, Dian. 2011.Modul Evaluasi Hasil Balajar Mahasiswa.Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Eureka Pendidikan. 2014. Pengertian dan Peranan Evaluasi Pembelajaran. www. eurekapendidikan.com/2014/10/pengertian-dan-Peranan-evaluasi-pembelajaran.html. Diakses pada 09 November 2016 pukul 15:01. Hikmawati. 2012. “Penggunaan Pendekatan Problem based learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa di Kelas V SDN 51 Lambari” Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol.11, No 1. Himitsuqalbu. “2014. Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli”. Dalam https://himitsuqalbu. wordpress.com/2014/03/21/definisi-hasil-belajar-menurut-para-ahli/. Diakses pada 09 November 2016 pukul 14:49. Isnaeni Wiwi dan Kumaidi.2015. “Evaluasi Implementasi PBL dalam Pembelajaran Biologi di SMAN Kota Semarang Menggunakan Pendekatan Mixed Method”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.19,No 1:109-121. Karim, Saeful, dkk. 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk kelas VIII. Jakarta:Pusat Perbukuan. Nasution, Mariam. 2014. Memahami Pendekatan Problem based learning dalam Pembelajaran Matematika. Padang: Logaritma. Vol.II,No.01. Sukmadinata,NS. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya. Tashakkori, Abbas dan Charles Teddlie.2010. Mixed Methods in Social & Behavioral Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wahyono, Budi.2015. “Pengertian Hasil belajar dan perbedaan hasil Belajar dengan prestasi belajar”. Dalam www.pendidikanekonomi.com/2015/04/pengertian-hasil-belajar-danperbedaan.html. Diakses pada 09 November 2016 pukul 14:47. Wardani, Sri dkk. 2009. “Peningkatan Hasil Belajar Ssiswa Melalui Pendekatan Problem based learning Sains Berorientasi Problem-Based Instruction”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol.3, No 1:391-399.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9740
dc.description.abstractPenelitian ini dimaksudkan untuk menelaah implementasi pendekatan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran. Karena sejauh ini pendekatan PBL masih sangat jarang diimplementasikan pada proses pembelajaran di Kampus. Dosen banyak mengeluh akan kurangnya pengetahuan pelaksanaan pendekatan PBL dan waktu yang disediakan masih relatif sedikit tetapi materi yang di sajikan cukup banyak Desain penelitian yang dilakukan adalah explanatory mixed-method analysis. Peneliti menggunakan jenis penelitian mixed methodology research. Mixed Method adalah metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi (seperti dalam tahap pengumpulan data). Mixed Method juga disebut sebagai sebuah metodologi yang memberikan asumsi filosofis dalam menunjukkan arah atau memberi petunjuk cara pengumpulan data dan menganalisis data serta perpaduan pendekatan kuantitatif dan kualitatif melalui beberapa fase proses penelitian. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Pendekatan Problem Based Learning berhasil dilakukan. Rata-rata penilaian pengimplementasian pendekatan PBLadalah 86,9% dengan kategori mendekati setuju, yang artinya implementasi pendekatan problem based learning pada proses pembelajaran oleh peneliti berhasil dilakukan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2id_ID
dc.titleEvaluasi Implementasi Pendekatan Problem Based Learning Dalam Mata Kuliah Telaah Kurikulum Fisika Melalui Mixed Methodid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record