• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Kalkulus: Mendukung Atau Sia-Sia?

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (768.5Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Sari, Christina Kartika
    Machromah, Isnaeni Umi
    Safika, Kiki Nela Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi berimbas pada munculnya berbagai software matematika. Kondisi ini memberikan peluang bagi berlangsungnya pembelajaran kalkulus berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan teknologi terhadap pembelajaran kalkulus bagi calon guru matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah 29 mahasiswa Pendidikan Matematika yang pernah menempuh serangkaian mata kuliah kalkulus, yang memanfaatkan software matematika (seperti GeoGebra atau Maple) dalam proses pembelajarannya. Seluruh responden dihadapkan pada angket online melalui Google Forms. Dari 29 mahasiswa, 22 mahasiswa berpendapat bahwa software matematika sangat bermanfaat dalam pembelajaran kalkulus, tiga mahasiwa merasa cukup bermanfaat, dan empat mahasiswa kurang mendukung penggunaan software matematika dalam pembelajaran kalkulus. Selanjutnya, dipilih empat mahasiswa dengan opini yang bervariasi tersebut untuk diwawancara agar mendapatkan data yang lebih mendalam. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa sotfware matematika dapat mendukung pembelajaran kalkulus apabila dosen menggunakannya dengan tepat, terutama pada materi yang melibatkan visualisasi. Pemanfaatan software matematika secara berlebihan dan mengesampingkan pengalaman langsung dalam memahami konsep baru atau dalam memecahkan masalah matematika akan menjadikan pembelajaran kalkulus kurang bermakna bagi mahasiswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9741
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV