dc.contributor.author | Sari, Christina Kartika | |
dc.contributor.author | Machromah, Isnaeni Umi | |
dc.contributor.author | Safika, Kiki Nela Sri | |
dc.date.accessioned | 2018-05-08T06:25:05Z | |
dc.date.available | 2018-05-08T06:25:05Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Aisyah, Nyimas. 2007. PengembanganPembelajaran Matematika di Kampus Dasar. Jakarta: Depdiknas.. Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Artha, Dian. 2011.Modul Evaluasi Hasil Balajar Mahasiswa.Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Eureka Pendidikan. 2014. Pengertian dan Peranan Evaluasi Pembelajaran. www. eurekapendidikan.com/2014/10/pengertian-dan-Peranan-evaluasi-pembelajaran.html. Diakses pada 09 November 2016 pukul 15:01. Hikmawati. 2012. “Penggunaan Pendekatan Problem based learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa di Kelas V SDN 51 Lambari” Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol.11, No 1. Himitsuqalbu. “2014. Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli”. Dalam https://himitsuqalbu. wordpress.com/2014/03/21/definisi-hasil-belajar-menurut-para-ahli/. Diakses pada 09 November 2016 pukul 14:49. Isnaeni Wiwi dan Kumaidi.2015. “Evaluasi Implementasi PBL dalam Pembelajaran Biologi di SMAN Kota Semarang Menggunakan Pendekatan Mixed Method”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.19,No 1:109-121. Karim, Saeful, dkk. 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk kelas VIII. Jakarta:Pusat Perbukuan. Nasution, Mariam. 2014. Memahami Pendekatan Problem based learning dalam Pembelajaran Matematika. Padang: Logaritma. Vol.II,No.01. Sukmadinata,NS. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya. Tashakkori, Abbas dan Charles Teddlie.2010. Mixed Methods in Social & Behavioral Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wahyono, Budi.2015. “Pengertian Hasil belajar dan perbedaan hasil Belajar dengan prestasi belajar”. Dalam www.pendidikanekonomi.com/2015/04/pengertian-hasil-belajar-danperbedaan.html. Diakses pada 09 November 2016 pukul 14:47. Wardani, Sri dkk. 2009. “Peningkatan Hasil Belajar Ssiswa Melalui Pendekatan Problem based learning Sains Berorientasi Problem-Based Instruction”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol.3, No 1:391-399. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9741 | |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi berimbas pada munculnya berbagai software matematika. Kondisi ini
memberikan peluang bagi berlangsungnya pembelajaran kalkulus berbasis teknologi informasi
dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan teknologi terhadap
pembelajaran kalkulus bagi calon guru matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif.
Sasaran penelitian ini adalah 29 mahasiswa Pendidikan Matematika yang pernah menempuh
serangkaian mata kuliah kalkulus, yang memanfaatkan software matematika (seperti GeoGebra
atau Maple) dalam proses pembelajarannya. Seluruh responden dihadapkan pada angket
online melalui Google Forms. Dari 29 mahasiswa, 22 mahasiswa berpendapat bahwa software
matematika sangat bermanfaat dalam pembelajaran kalkulus, tiga mahasiwa merasa cukup
bermanfaat, dan empat mahasiswa kurang mendukung penggunaan software matematika dalam
pembelajaran kalkulus. Selanjutnya, dipilih empat mahasiswa dengan opini yang bervariasi
tersebut untuk diwawancara agar mendapatkan data yang lebih mendalam. Berdasarkan analisis
data, diperoleh hasil bahwa sotfware matematika dapat mendukung pembelajaran kalkulus
apabila dosen menggunakannya dengan tepat, terutama pada materi yang melibatkan visualisasi.
Pemanfaatan software matematika secara berlebihan dan mengesampingkan pengalaman
langsung dalam memahami konsep baru atau dalam memecahkan masalah matematika akan
menjadikan pembelajaran kalkulus kurang bermakna bagi mahasiswa. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | id_ID |
dc.title | Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Kalkulus: Mendukung Atau Sia-Sia? | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |