Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Christina Kartika
dc.contributor.authorMachromah, Isnaeni Umi
dc.contributor.authorSafika, Kiki Nela Sri
dc.date.accessioned2018-05-08T06:25:05Z
dc.date.available2018-05-08T06:25:05Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationAisyah, Nyimas. 2007. PengembanganPembelajaran Matematika di Kampus Dasar. Jakarta: Depdiknas.. Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Artha, Dian. 2011.Modul Evaluasi Hasil Balajar Mahasiswa.Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Eureka Pendidikan. 2014. Pengertian dan Peranan Evaluasi Pembelajaran. www. eurekapendidikan.com/2014/10/pengertian-dan-Peranan-evaluasi-pembelajaran.html. Diakses pada 09 November 2016 pukul 15:01. Hikmawati. 2012. “Penggunaan Pendekatan Problem based learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa di Kelas V SDN 51 Lambari” Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol.11, No 1. Himitsuqalbu. “2014. Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli”. Dalam https://himitsuqalbu. wordpress.com/2014/03/21/definisi-hasil-belajar-menurut-para-ahli/. Diakses pada 09 November 2016 pukul 14:49. Isnaeni Wiwi dan Kumaidi.2015. “Evaluasi Implementasi PBL dalam Pembelajaran Biologi di SMAN Kota Semarang Menggunakan Pendekatan Mixed Method”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.19,No 1:109-121. Karim, Saeful, dkk. 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk kelas VIII. Jakarta:Pusat Perbukuan. Nasution, Mariam. 2014. Memahami Pendekatan Problem based learning dalam Pembelajaran Matematika. Padang: Logaritma. Vol.II,No.01. Sukmadinata,NS. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya. Tashakkori, Abbas dan Charles Teddlie.2010. Mixed Methods in Social & Behavioral Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wahyono, Budi.2015. “Pengertian Hasil belajar dan perbedaan hasil Belajar dengan prestasi belajar”. Dalam www.pendidikanekonomi.com/2015/04/pengertian-hasil-belajar-danperbedaan.html. Diakses pada 09 November 2016 pukul 14:47. Wardani, Sri dkk. 2009. “Peningkatan Hasil Belajar Ssiswa Melalui Pendekatan Problem based learning Sains Berorientasi Problem-Based Instruction”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol.3, No 1:391-399.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9741
dc.description.abstractPerkembangan teknologi berimbas pada munculnya berbagai software matematika. Kondisi ini memberikan peluang bagi berlangsungnya pembelajaran kalkulus berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan teknologi terhadap pembelajaran kalkulus bagi calon guru matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah 29 mahasiswa Pendidikan Matematika yang pernah menempuh serangkaian mata kuliah kalkulus, yang memanfaatkan software matematika (seperti GeoGebra atau Maple) dalam proses pembelajarannya. Seluruh responden dihadapkan pada angket online melalui Google Forms. Dari 29 mahasiswa, 22 mahasiswa berpendapat bahwa software matematika sangat bermanfaat dalam pembelajaran kalkulus, tiga mahasiwa merasa cukup bermanfaat, dan empat mahasiswa kurang mendukung penggunaan software matematika dalam pembelajaran kalkulus. Selanjutnya, dipilih empat mahasiswa dengan opini yang bervariasi tersebut untuk diwawancara agar mendapatkan data yang lebih mendalam. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa sotfware matematika dapat mendukung pembelajaran kalkulus apabila dosen menggunakannya dengan tepat, terutama pada materi yang melibatkan visualisasi. Pemanfaatan software matematika secara berlebihan dan mengesampingkan pengalaman langsung dalam memahami konsep baru atau dalam memecahkan masalah matematika akan menjadikan pembelajaran kalkulus kurang bermakna bagi mahasiswa.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2id_ID
dc.titlePemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Kalkulus: Mendukung Atau Sia-Sia?id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record