• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Etnomatematika: Arsitektur Lumbung Padi “Leuit” di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (840.4Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Imswatama, Aritsya
    Saprudin, S
    Widyanto, Rohmat
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur matematis dalam arsitektur lumbung padi “leuit” di kawasan geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin mengenai unsur matematis yang terdapat dalam arsitektur lumbung padi leuit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan tentang kebudayaan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh siswa, sehingga perlu adanya integrasi antara pendidikan di sekolah dengan kebudayaan. Salah satu integrasi antara kebudayaan dengan pendidikan adalah mengaitkan materi dengan kebudayaan atau kearifan lokal yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokmentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan reduksi data, sajian data, verifikasi dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam arsitektur lumbung padi “leuit” terdapat unsur matematis diantaranya adalah geometri, teselasi/pengubinan dan kesebangunan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai inovasi dan bahan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar, sehingga akan menambah pengetahuan siswa terkait dengan penerapan matematika di kehidupan sehari-hari. Dengan etnomatematika diharapkan dapat menjadi inovasi pembelajaran matematika di sekolah sehingga siswa akan lebih termotivasi dalm belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9743
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV