Show simple item record

dc.contributor.authorImswatama, Aritsya
dc.contributor.authorSaprudin, S
dc.contributor.authorWidyanto, Rohmat
dc.date.accessioned2018-05-08T07:00:48Z
dc.date.available2018-05-08T07:00:48Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationArisetyawan, Andika. dkk. 2014. Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research. Vol.2.No.10.ISSN. 2201-6333. Hardi. 2009. Pandai Berhitung Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Puspadewi, K. R., Putra, I G.N.N. 2014. Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika. Vol 4 No.2. Rosa, M. & Orey, D.C. 2011. Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematica, 4(2).32-54. Rostiks, Deti. 2008. Pembelajaran Volume Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. No.9 April Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Y. Bandung: Alfabeta. Tandiling, Edi. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN: 978_979-16353-9-4. Widyantini dan Sigit. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasioal Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah PPPPTKid_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9743
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur matematis dalam arsitektur lumbung padi “leuit” di kawasan geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin mengenai unsur matematis yang terdapat dalam arsitektur lumbung padi leuit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan tentang kebudayaan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh siswa, sehingga perlu adanya integrasi antara pendidikan di sekolah dengan kebudayaan. Salah satu integrasi antara kebudayaan dengan pendidikan adalah mengaitkan materi dengan kebudayaan atau kearifan lokal yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokmentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan reduksi data, sajian data, verifikasi dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam arsitektur lumbung padi “leuit” terdapat unsur matematis diantaranya adalah geometri, teselasi/pengubinan dan kesebangunan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai inovasi dan bahan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar, sehingga akan menambah pengetahuan siswa terkait dengan penerapan matematika di kehidupan sehari-hari. Dengan etnomatematika diharapkan dapat menjadi inovasi pembelajaran matematika di sekolah sehingga siswa akan lebih termotivasi dalm belajar matematika.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2id_ID
dc.titleEtnomatematika: Arsitektur Lumbung Padi “Leuit” di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record