• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Studi Kasus Pelaksanaan Penilaian dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (661.2Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Muthali’in, Achmad
    Iriani, Setiawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penilaian autentik merupakan penilaian objektif mengenai kompetensi yang seharusnya dimiliki siswa, mencakup sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penilaian mulai dari kesiapan, dalam proses, dan hasil belajarnya. Menggunakan berbagai instrumen yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang tertuang dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Penilaian sikap melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, jurnal, dan wawancara. Penilaian penilaian pengetahuan dengan tes tertulis, tes lisan, penugasan atau proyek dalam waktu tertentu. Penilaian keterampilan dengan penilaian kinerja, proyek, dan portofolio. Penilaian autentik tidak mudah dilakukan dan cukup menyulitkan guru, salah satu penyebabnya guru terbiasa hanya menilai kompetensi pengetahuan saja, penilaian aspek sikap dan keterampilan jarang dinilai. Padahal ketiga aspek tersebut harus dinilai secara seimbang. Akibantnya pelaksanaan penilaian autentik pada Kurikulum 2013 kurang optimal. Sejumlah guru mengalami kebingungan dengan sistem penilaian autentik Kurikulum 2013, diantaranya 87% guru SMP 21 Semarang masih kesulitan memahami cara dan melakukan penilaian autentik Kurikulum 2013 (Rohmawati, 2013). Secara lebih tajam diperlihatkan hasil penelitian Utari (2014), guru dalam penilainnya masih dominan aspek kognitif (98,8%), sedang aspek afektif sebesar 52,8%, dan aspek psikomotorik 48,4%. Artinya pelaksanaan penilaian autentik masih belum menunjukkan hasil sebagaimana yang diharapkan, tidak sedikit guru belum melakukan dan bahkan belum paham penilaian autentik Kurikulum 2013. Ddari latar belakang persoalan di atas, penelitian ini bermaksud menggambarkan pelaksanaan, kendala, dan solusi penilaian autentik dalam Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilakukan secara kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Validitas datanya dengan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data, sedangkan analisisnya dilakukan dengan model interaktif. Pelaksanaan penilaian autentik Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Colomadu secara relatif sudah dapat terlaksana. Penilaian autentik dilakukan pada kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap dilaksanakan dengan teknik penilaian diri, teman sejawat, jurnal, observasi. Penilaian keterampilan dilaksanakan dengan teknik tes praktik. Adapun penilaian pengetahuan dilaksanakan dengan teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Teknik penilaian autentik yang belum difahami dan dilaksanakan meliputi wawancara, penilaian projek, portofolio, dan tes lisan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9748
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV