Analisis Perancangan dan Pengembangan Inovasi Tas Multifungsi Menggunakan Integrasi Metode Kano Model dan Analytic Hierarchy Process
View/ Open
Date
2018-03Author
Sabit, M. Iqbal
Purba, Reno Dias Anggra
Khairunisa, Adinda
Fadhilah, Nuraditya Ahmad
Mukarromah, Nazula Rukhiana
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini menggunakan metode Kano Model yang berguna untuk menentukan customer satisfaction dengan menentukan atribut dalam perancangan dan pengembangan desain tas dengan memperhatikan empat aspek yaitu performance, durability, aesthetics, dan Perceived Quality dan dikelompokkan. Dengan menggunakan Kano model, peneliti dapat melihat hubungan antara kriteria performansi yang diinginkan dengan costumer satisfaction. Selanjutnya atribut yang akan dikembangkan akan dilakukan pembobotan atribut dengan metode AHP guna menentukan skala prioritas atribut sehingga peneliti dapat mendesain tas dengan tepat. Terdapat 14 atribut kebutuhan pelanggan yang dapat diidentifikasi berdasarkan Voice of customer yang digunakan yaitu performance, durability, aesthetics, dan Perceived Quality. Berdasarkan hasil klasifikasi atribut kebutuhan pelanggan menggunakan model Kano, diperoleh 4 atribut yang termasuk kategori indifferent, 4 atribut yang termasuk kategori one dimensional, 4 atribut termasuk kategori attractive dan 2 atribut Must-be. Selanjutnya dilakukan pembobotan atribut menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) terhadap atribut berkategori one dimensional dan attractive didapatkan skala prioritas atribut berurutan yaitu tas yang tahan lama, multifungsi, ringan, tahan air, harga terjangkau, ketahanan warna, variasi warna dan tas yang ikonik. Untuk memuaskan pelanggan produk tas akan dilakukan peningkatan kualitas terkait 8 atribut yang menjadi True Customer Needs.