Game Virtual Reality Turn-Based untuk Pelatihan Permainan Tradisional Benthik
View/ Open
Date
2018-04Author
Setiawan, Abas
Nugraha, Alvin Satria
Haryanto, Hanny
Gamayanto, Indra
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia memiliki berbagai jenis permainan tradisional daerah. Umumnya, di dalam permainan tradisional, anak-anak dituntut untuk melakukan gerak kinestetik tubuh dan interaksi sosial sehingga bermanfaat terhadap tumbuh kembang psikologis anak-anak. Permainan tradisional yang pernah sangat popular di Indonesia adalah Benthik atau disebut juga Patok Lele atau Gatrik, yang sekarang sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, terutama di daerah perkotaan. Membuat Benthik menjadi game digital merupakan salah satu solusi supaya permainan tersebut kembali dimainkan dan tidak punah, namun game digital yang berbasis pada perangkat mobile ataupun dekstop biasanya tidak dapat mensimulasikan keadaan nyata jika konten game tersebut diambil dari permainan nyata. Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna masuk di dalam dunia digital atau virtual menggunakan simulasi lingkungan imersif 3D yang muncul secara nyata dan langsung. Lingkungan imersif 3D yang berada di dunia virtual memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan interaksi langsung dengan objek virtual dengan suatu gerakan nyata. Dalam penelitian ini, lingkungan imersif akan dibentuk dengan VR dan model permainan Turn Based yang menyesuaikan dengan model permainan Benthik yang bergiliran. Model Turn Based ini juga digunakan untuk memberikan elemen strategi dalam permainan. Hasil dari penelitian ini adalah game digital untuk permainan Benthik menggunakan VR sebagai lingkungan virtualnya dengan model permainan Turn-Based.